Makam Ibu Muda di Jombang Dibongkar, Pelaku Curi Kain Kafan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 08:03 WIB
pencurian kain kafan
Warga memakamkan kembali jenazah Anis yang makamnya dibongkar orang tak dikenal (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Makam seorang ibu muda di Jombang dibongkar. Pelaku mengambil satu lembar kain kafan yang membungkus jenazah perempuan tersebut.

Makam yang dibongkar adalah makam Anis Purwaningsih (30). Jenazah Anis dimakamkan di pemakaman umum Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang.

"Kain kafan sama bajunya yang hilang, tapi tidak keseluruhan. Untuk jenazah masih utuh, tali-talinya (tali pocong) juga masih utuh," ujar Modin Kematian Desa Kesamben Kholiqul Rosyidin kepada wartawan di pemakaman umum Dusun Sumberbeji, Senin (21/9/2020).

Terbongkarnya makam Anis membuat heboh warga. Karena kasus seperti ini, lanjut Kholiqul, baru pertama kali terjadi di Dusun Sumberbeji. Dia belum bisa memprediksi tujuan pelaku mencuri kafan dari makam Anis.

"Wah saya tidak tahu untuk apa, siapa yang mencuri juga belum tahu," ujar Kholiqul.

Kasus penjarahan makam ini ditangani Polsek Ngoro. Polisi telah melakukan olah TKP dan memasang garis polisi mengitari makam Anis.

Kapolsek Ngoro AKP Yanuar Tri Sanjaya memastikan hanya satu lembar kafan yang dicuri dari makam Anis. Saat ini pihaknya masih menyelidiki pelaku penjarahan makam tersebut.

"Pelaku masih dalam penyelidikan. Untuk sementara kami mintai keterangan lisan dulu dari beberapa pihak termasuk dari perangkat desa," tandas Yanuar.

Anis sendiri meninggal dunia dan dimakamkan pada Sabtu (19/9) sore. Makam perempuan ini bersebelahan dengan bayinya yang meninggal pada Jumat (18/9).

Namun pada Minggu (20/9) petang sekitar pukul 17.00 WIB, makam Anis ditemukan peziarah dalam kondisi berantakan. Terbongkarnya makam tersebut pertama kali diketahui oleh Suparno (54), peziarah warga Dusun Padar Kidul, Desa Kesamben.

Pelaku diduga membongkar makam Anis pada Minggu dini hari. Penjarah makam yang belum diketahui identitasnya itu hanya mencuri 1 dari 3 lembar kafan pembungkus jenazah ibu muda tersebut.

Jenazah AP kembali dimakamkan setelah polisi menuntaskan olah TKP. Pemakaman oleh keluarga dibantu warga dilakukan kemarin malam sekitar pukul 20.30 WIB.

(iwd/iwd)