Makam Warna-warni di Sidoarjo Terinspirasi Kampung Jodipan Malang

Suparno - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 11:56 WIB
Angker dan seram kerap terlintas dalam pikiran saat berbicara soal makam. Namun kesan itu tidak tampak dari makam di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.
Makam warna-warni di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Ada makam warna-warni di Sidoarjo yang sukses mengusir kesan angker. Ternyata makam warna-warni tersebut terinspirasi dari Kampung Jodipan Malang yang juga warna-warni.

Pernyataan itu disampaikan Gandu (42). Ia merupakan seorang tokoh masyarakat yang memiliki ide pembuatan pagar dan pengecatan area makam Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Menurut Gandu, ide itu muncul saat dirinya jalan-jalan ke Kota Malang dan melintas di kampung warna-Warni. "Kemudian bagaimana kalau makam desa dibuat seperti itu. Pasti menarik dan kesan angker pasti akan hilang," kata Gandu, Minggu (20/9/2020).

Ia menambahkan, setiap malam Jumat Legi, makam ini selalu dipenuhi peziarah. Mereka merasa nyaman dengan kebersihan dan suasana baru area makam.

"Banyak desa lain yang ingin meniru makam desa kita. Namun setelah mengetahui anggaran yang dibutuhkan, mereka mundur," terangnya.

Tonton juga 'Makam Seram di Kota Madiun Penuh Warna-warni dan Jadi Tempat Selfie':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2