Melihat Makam Warna-warni di Sidoarjo yang Usir Kesan Angker

Suparno - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 10:57 WIB
Angker dan seram kerap terlintas dalam pikiran saat berbicara soal makam. Namun kesan itu tidak tampak dari makam di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.
Makam warna-warni di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Kesan angker dan seram kerap terlintas dalam pikiran saat berbicara soal makam. Namun kesan itu tidak tampak dari makam di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Makam tersebut tidak tampak seperti pada umumnya. Kini menjadi makam warna-warni. Seluruh bagian makam mulai dari nisan, pagar makam, serta pohon kamboja dicat dengan aneka warna. Selain itu, di setiap pusara atau kuburan ditanami bunga dan dilengkapi lampu.

Sehingga tidak ada kesan seram yang dirasakan warga saat berziarah kubur. Meski setiap nisan sudah dicat dengan aneka warna, namun nama-nama ahli kubur masih tampak jelas. Menariknya, lokasi makam selalu tampak bersih.

Kesan angker semakin sirna tak tersisa dengan tembok pagar warna coklat beraksen khas Kerajaan Majapahit, yang mengelilingi area makam. Gapura pintu masuk juga demikian. Dibuat layaknya gapura pintu masuk keraton.

Juru kunci makam Desa Balongdowo, Kosim (52) mengatakan, yang pertama kali dikerjakan yakni bagian pagar tembok. Dibangun sekitar setahun yang lalu. Sedangkan pengecatan pohon dan batu pusara dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin.

Tonton juga 'Makam Seram di Kota Madiun Penuh Warna-warni dan Jadi Tempat Selfie':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2