Akan Ada Operasi Yustisi hingga ke Desa-desa di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 13:25 WIB
Dalam penegakan kedisiplinan warga pada protokol kesehatan COVID-19, Operasi Yustisi terus digelar. Forkopimda sepakat akan menggelar Operasi Yustisi hingga ke desa-desa.
Operasi Yustisi di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Dalam penegakan kedisiplinan warga pada protokol kesehatan COVID-19, Operasi Yustisi terus digelar. Forkopimda sepakat akan menggelar Operasi Yustisi hingga ke desa-desa.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas telah menggelar rakor bareng Kapolresta Banyuwangi, Dandim 0825, Danlanal Banyuwangi, Ketua Pengadilan Negeri dan Kepala Kejaksaan Negeri. Mereka membahas penegakan disiplin kembali warga pada protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Kita sepakat akan ada upaya yang lebih sistematis, selain penindakan juga edukasi masif ke warga-warga. Pelaksanaannya nanti akan menyebar hingga ke tingkat desa," kata Anas kepada detikcom, Sabtu (19/9/2020).

Anas menjelaskan bahwa penegakan disiplin ini akan dilakukan layaknya awal pandemi masuk ke Banyuwangi. Mengingat kasus COVID-19 yang terus meningkat di Banyuwangi.

Operasi tersebut, lanjutnya, akan menyasar pada kepatuhan penggunaan masker. Tidak sekadar bermasker, namun warga yang menggunakan masker tidak benar juga akan diingatkan petugas.

"Operasinya nanti tidak hanya di jalanan, namun petugas gabungan juga akan menyasar tempat kerumunan warga. Warga perlu diingatkan kembali untuk jaga jarak. Karena masker dan physical distancing ini kunci memutus penyebaran COVID-19," kata dia.

Operasi juga diprioritaskan di wilayah yang tingkat temuan kasus COVID-19 relatif tinggi. "Agar klaster di titik tertentu dapat segera ditekan dan tidak menyebar," jelas Anas.

Selanjutnya
Halaman
1 2