Beberapa Daerah di Jatim Sudah Terapkan Sanksi Denda ke Pelanggar Tak Bermasker

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 18:55 WIB
Kasatpol PP Jawa Timur Budi Santosa
Kasatpol PP Jawa Timur Budi Santosa (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Operasi yustisi protokol kesehatan di Jawa Timur sudah ada yang menerapkan sanksi administratif berupa denda. Sanksi itu sudah dijalankan di beberapa daerah.

"Loh justru di daerah-daerah sudah ada yang menerapkan denda itu, tadi mereka telpon saya. Memang tidak semua daerah, tapi ada yang sudah menerapkan beberapa daerah," kata Kasatpol PP Jatim Budi Santosa di Surabaya, Senin (14/9/2020).

Budi menjelaskan daerah yang sudah menerapkan denda administratif yakni contohnya Sidoarjo, Gresik dan Kediri. Tiga wilayah itu menerapkan sanksi administratif sesuai perwali/perbup masing-masing sesuai aturan pada Pergub No 53 Tahun 2020.

"Jadi di daerah Sidoarjo, Gresik, Kediri ada. Itu tidak masalah. Karena ternyata selama masa transisi, mereka sudah melakukan itu. Tapi dendanya ada yang Rp 100 ribu, Rp 150 ribu. Gresik, Sidoarjo itu Rp 150 ribu sanksi administratifnya," terangnya.

Untuk prosedur pembayarannya, masyarakat diminta tidak membayar langsung ke petugas Satpol PP. Melainkan cukup transfer ke rekening Bank Jatim masing-masing kabupaten/kota.