Ekskavasi Situs Candi Patakan Lamongan Kembali Dilanjutkan

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 12:32 WIB
Masih ingat dengan Situs Candi Patakan? Ekskavasi situs yang diperkirakan dari masa Airlangga ini akan kembali dilanjutkan.
Situs Candi Patakan, Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Masih ingat dengan Situs Candi Patakan? Ekskavasi situs yang diperkirakan dari masa Airlangga ini akan kembali dilanjutkan.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jatim akan kembali melanjutkan proses ekskavasi Candi Patakan yang berada di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng. Saat ini arkeolog BPCB tengah memasang tiang dan atap di atas bangunan utama candi.

"Target kita tahun ini bisa membuka bagian tengah atau bangunan utama, tapi karena takut roboh dan terendam air maka kita pasang atap dan tiang dulu di bangunan tengah," kata Arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho pada wartawan, Sabtu (19/9/2020).

Setelah proses pemberian atap di bangunan utama selesai, lanjut Wicaksono, akan ada proses pembukaan bagian dalam candi. Pembukaan bagian tengah atau bagian utama ini dilakukan untuk mengetahui isi bangunan tengah tersebut. Seperti jumlah bilik atau juga kemungkinan adanya arca yang terpendam di dalam reruntuhan candi.

"Kalau di dalamnya ada arca berarti bangunan ini candi tapi kalau tidak ada berarti ini adalah bangunan rumah ibadah atau wihara. Ini yang tahun ini coba kita cari tahu," terangnya.

Tonton juga video 'Awalnya Tak Diperhatikan, Batu-batu Ini Diduga Kuat Reruntuhan Candi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2