Saat Jenuh Mengalahkan Ketakutan Terpapar COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 22:29 WIB
remaja nongkrong
Deretan motor remaja nongkrong di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Kesadaran warga di Kota Pahlawan terhadap penularan COVID-19 masih rendah. Hal itu terbukti dengan masih banyaknya warga yang tetap nongkrong di tempat umum setiap malam dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Seperti yang ada di kawasan frontage Jalan Raya Kertomenanggal seberang kantor DPD Partai Golkar. Di tempat tersebut hampir setiap malam pasangan muda-mudi atau berkelompok selalu memenuhi warung yang tepat di pinggir rel kereta api itu.

Ari (24), salah satu pengunjung warung mengatakan ia dan teman-temannya nongkrong di tempat tersebut karena merasa jenuh seusai kerja. Meski begitu, ia mengaku khawatir dengan penyebaran COVID-19.

"Ya, khawatir (kena Corona). Jenuh saja setelah bekerja. Dan ini kebetulan ada teman-teman dari Malang yang mampir," ujar Ari saat ditemui detikcom di warung pinggir rel, Jumat (18/9/2020).

remaja nongkrongRemaja nongkrong di Surabaya di masa pandemi (Foto: Amir Baihaqi)

Tak hanya khawatir terkena COVID-19, Ari juga mengaku was-was jika ada razia petugas. Untuk itu, ia membatasi waktu nongkrongnya.

"Iya, was-was kalau kena operasi. Makanya kami paling nongkrong sebentar. Pukul 22 kami juga dah balik ini. Apalagi kalau sampai disuruh rapid test," katanya.

Berbeda dengan Ari, salah satu pengunjung lainnya Ivan (20) mengaku nongkrong karena merasa tak takut dengan COVID-19. Sebab, dirinya sudah memakai masker dan selalu menjaga jarak dengan orang lain.

"Gak takut. Kita hidup dijalani saja. Yang penting kita sudah pakai masker dan jaga jarak," ucap Ivan.

Ivan melanjutkan, saat nongkrong selalu mengajak istri dan saudara-saudaranya. Adapun pilihannya nongkrong di warung pinggir rel karena ingin suasana yang berbeda saja.

"Saya keluar selalu dengan saudara dan istri saya ini. Biasanya di kafe dekat rumah di Waru. Tapi ini kita coba di sini bareng-bareng," tuturnya.

Pantauan detikcom di lokasi, selain di warung pinggir rel, sejumlah warung kopi di kawasan Suroboyo Night Carnival juga dipenuhi pengunjung yang didominasi muda-mudi. Tampak kerumunan baik di dalam warung maupun di trotoar jalan kerumunan pengunjung semakin malam semakin ramai.

(iwd/iwd)