Eri Cahyadi Janjikan Sinergitas Pelaku UMKM dan Investor Wujudkan Smart City

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 14:59 WIB
Eri Cahyadi
Eri Cahyadi saat bertemu dengan para pelaku UMKM di WPS (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan dialog dengan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kawasan Wisma Penjaringan Sari (WPS). Eri berjanji akan memberdayakan UMKM dengan melakukan sinergitas antara investor dan para pelaku UMKM.

"Saya katakan harus ada sinergi antara pemkot dan investasi yang masuk dengan UMKM yang ada di Surabaya," kata Eri kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Menurut Eri, untuk memberdayakan UMKM khususnya di masa pandemi COVID-19, maka pemkot harus menjadi fasilitator. Sebab, dengan begitu UMKM akan bisa bergerak dan diharapkan bisa menjadi penyeimbang ekonomi bersama investasi yang masuk.

"Pemkot harus menjadi fasilitator sebagai penengah bagaimana UMKM harus bisa bergerak menjadi penyeimbang dengan investasi yang masuk di Surabaya," jelas mantan Kepala Bappeko Pemkot Surabaya itu.

Lalu bagaimana sinergitas antara investor dan pelaku UMKM? Eri menyebut kuncinya berada di syarat perizinan. Untuk itu ia menginginkan produksi UMKM harus bisa ditamoung bersamaan dengan masuknya investor.

"Ketika investasi itu masuk maka syarat perizinannya harus dibunyikan berapa UMKM yang akan ditampung. Berapa UMKM yang akan didorong dan itu yang akan ditingkatkan," tutur Eri.

Dalam kesempatan itu, Eri juga memuji para pelaku UMKM yang ada di Penjaringan Sari. Sebab, para pelaku ekonomi itu secara bergotong royong muncul di masa pandemi COVID-19. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar bisa meniru langkah tersebut agar tujuan smart city yang telah didengungkan selama ini menjadi terwujud.

"Sebenarnya UMKM yang ada di Penjaringan Sari ini adalah UMKM yang pertama di masa pandemi. Kenapa UMKM ini bisa muncul di masa pandemi dan bisa berdampak?ada hikmah di masa pandemi ini begitu masyarakat ini gotong royong, guyub akhinya muncul UMKM untuk mengatasi pandemi," ujarnya.

"Inilah yang saya katakan Surabaya Smart City tujuannya adalah smart ekonomi dan ini sudah dimunculkan di wisma Penjaringan Sari. Untuk itu saya berharap betul akan muncul UMKM yang lainnya seperti yang diawali di Wisma Penjaringan Sari ini," tandas Eri.

(iwd/iwd)