Terbukti Majukan UMKM, Banyuwangi Raih Natamukti Award 2020

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 10:35 WIB
natamukti award
Banyuwnagi raih Natamukti Award 2020 (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pemkab Banyuwangi meraih penghargaan Natamukti Award 2020. Natamukti Award merupakan penghargaan kepada kota dan kabupaten yang berhasil dalam mempromosikan, mendorong peningkatan kualitas produk, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Penghargaan ini digelar oleh International Council for Small Buniness (ICSB) Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI. Penyerahan penghargaan digelar secara virtual, Kamis (17/9/2020), oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Bupati Abdullah Azwar Anas.

Banyuwangi meraih penghargaan ini lantaran dinilai berhasil dalam memacu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah, salah satunya memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM dengan berbagai terobosannya.

Menkop UKM Teten Masduki mengapresiasi pemkab yang terus memberikan dukungan dan pendampingan kepada pelaku UMKM. Mengingat potensi ekonomi UMKM di tanah air cukup tinggi.

Teten juga mengingatkan pentingnya peran daerah dalam mendampingi UMKM agar dapat bertransformasi sehingga mampu bersaing dalam pasar domestik maupun global.

"UMKM harus bisa bertransformasi agar bisa berkembang. Transformasi digital, transformasi penerapan teknologi dalam produksi maupun promosi. Jadi penting ke depan kita fokus pada sektor-sektor di mana UMKM ini bisa memiliki keunggulan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Anas mengaku senang dengan penghargaan tersebut. Penghargaan ini, kata Anas, menjadi pelecut semangat Banyuwangi untuk semakin mendorong pengembangan UMKM daerah.

"Alhamdulillah. Apresiasi ini menjadi semangat kami untuk terus memacu pengembangan dan peningkatan UMKM lokal. Di tengah pandemi ini juga, menjadi tantangan bagi kami semua untuk memulihkan sektor UMKM," kata Anas.

Selanjutnya
Halaman
1 2