Pria yang Renang di Kawah Ijen Evakuasi Jenazah Temannya Dapat Penghargaan

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 20:51 WIB
Pria yang berenang di Danau Kawah Ijen mendapat penghargaan. Ia melakukan aksi heroik yakni mengevakuasi jenazah temannya yang menjadi korban gelombang tsunami.
Polisi Banyuwangi memberikan penghargaan pada penambang belerang yang melakukan aksi heroik/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pria yang berenang di Danau Kawah Ijen mendapat penghargaan. Ia melakukan aksi heroik yakni mengevakuasi jenazah temannya yang menjadi korban gelombang 'tsunami'.

Polresta Banyuwangi memberikan apresiasi kepada penambang belerang TWA Kawah Ijen, yang membantu proses evakuasi tersebut. Penambang belerang ini bernama Ahmad Arifin.

Ahmad mendapat uang santunan dan sembako dari aparat kepolisian. Sabtu (30/5), ia nekat berenang di danau kawah terasam di dunia, untuk mengevakuasi jenazah teman karibnya, Andika (61).


Tak hanya Ahmad, Alimik juga mendapat penghargaan dari kepolisian. Sebab, Alimik langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas di TWA Kawah Ijen.

Jumat (29/5), Alimik dan Andika diterjang gelombang 'tsunami' dari Danau Kawah Ijen. Ia berhasil menyelamatkan diri. Sementara rekannya terpeleset dan jatuh ke danau yang tengah bergejolak.

Penghargaan dan tali asih itu diberikan langsung oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin di Candi Ngrimbi. "Ini penghargaan kepada keduanya. Mereka adalah pahlawan. Dari mereka kita belajar untuk setia kawan dan toleransi," ujarnya kepada detikcom, Rabu (3/6/2020).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2