Terjaring Razia Masker, Warga Sidoarjo Banyak yang Kelabakan Bayar Denda

Suparno - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 10:00 WIB
operasi yustisi di sidoarjo
Razia operasi yustisi dihadiri kapolda, pangdam dan sekda (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Sebanyak 105 warga Sidoarjo terjaring razia operasi yustisi penerapan protokol kesehatan. Kebanyakan warga tak menyangka razia dadakan dilakukan di wilayah Kecamatan Waru. Mereka bahkan tidak siap dengan uang denda yang diberlakukan.

Akibatnya, pelanggar menghubungi keluarganya untuk menebus denda Rp 150 ribu. Jika tidak mampu membayar mereka akan menjalani hukuman selama 3 hari.

Selain denda Rp 150 ribu, pelanggar juga sidang tipiring. Mereka sebagian besar terjaring di Jalan Brigjen Katamso dan Pasar Wadung Asri. Setelah terjaring, mereka diangkut menggunakan truk TNI dan dibawa ke kawasan Perum Graha Tirta untuk sidang. Sebelumnya, suhu tubuh mereka diperiksa petugas.

Salah satu mereka yang terjaring, Ramadani (25) warga Waru. Dia mengatakan dirinya tidak memakai masker lantaran tidak mengetahui bahwa ada aturan sanksi.

"Memang saya tidak memakai masker, bahkan tidak siap membayar denda. Akhirnya menghubungi keluarga untuk membayar denda," kata Ramadani kepada wartawan di lokasi sidang, Jumat (18/9/2020) dini hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2