KLHK Temukan 6 Jebakan Binatang di Perbatasan TN Meru Betiri Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 21:00 WIB
Untuk menjaga kelestarian Taman Nasional Meru Betiri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar operasi simpati pemulihan kawasan. Ada 6 jerat binatang yang ditemukan di beberapa lokasi.
KLHK menemukan 6 jebakan binatang di Taman Nasional Meru Betiri/Foto: Ardian Fanani

Menurut Taqiudin, selain melakukan pemberantasan jerat binatang, dalam kegiatan ini juga digelar sosialisasi perlindungan banteng dan binatang dilindungi lainnya. Kemungkinan, banteng yang tersesat bisa masuk ke pemukiman warga. Adapula imbauan yang dipasang oleh KLHK di beberapa lokasi hutan, agar masyarakat turut serta menjaga kawasan perbatasan TN Meru Betiri yang saat ini luasannya kurang dari 2 juta hektare ini.

"Kita pasang papan pengumuman agar masyarakat juga turut menjaga sekitar kawasan TN Meru Betiri," imbuhnya.

Dalam operasi kali ini, KLHK melibatkan banyak pihak. Di antaranya Forpimda, Polri, TNI dan sejumlah masyarakat dan komunitas pecinta alam.

Selain kegiatan patroli, KLHK bersama TN Meru Betiri juga melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat sekitar. Sejumlah bantuan pangan dan kesehatan juga disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Serangkaian kegiatan sudah kita laksanakan hari ini. Termasuk kegiatan sosial, seperti pemberian bantuan perlindungan diri dari virus dan bantuan lainnya," pungkasnya.


(sun/bdh)