Ini Cara Pemkab Banyuwangi Buka Destinasi Pariwisata di Era New Normal

Yulida Medistiara - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 13:51 WIB
Bupati Banyuwangi, Azwar Anas.
Bupati Banyuwangi, Azwar Anas. (dok Disparekraf Banyuwangi)
Jakarta -

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan sejumlah simulasi untuk membuka destinasi pariwisata di era 'new normal'. Di antaranya melakukan pelatihan sertifikasi sesuai protokol kesehatan COVID-19 bagi tour guide maupun kepada destinasi wisata hingga restoran.

"Maka ketika pariwisata kita lakukan simulasi sesuai arahan Ketua BNPB bagaimana beriringan dengan COVID-19. Maka ketika pariwisata kita adakan simulasi, saya sampaikan ke teman-teman nomor 1 kalau dulu yang dijual harga dan servis, sekarang bukan lagi hanya harga dan services tapi pertama adalah kesehatan," kata Anas, dalam talkshow yang disiarkan live di akun YouTube BNPB Indonesia, Minggu (5/7/2020).

Ia mengatakan di Banyuwangi, beberapa destinasi pariwisata yang akan dibuka secara terbatas misalnya hotel yang berada di pinggir pantai dan restoran yang sudah bersertifikasi sesuai protokol COVID-19. Adapun daftar hotel dan restoran yang dibuka sesuai dengan protokol COVID-19 dapat dilihat di aplikasi yang dibuat Pemkab Banyuwangi.

"Di Banyuwangi ada banyak restoran sekarang bisa dibuka lewat teknologi Banyuwangi tourism. Para traveler bisa melihat hotel-hotel mana dan restoran mana yang sudah sesuai sertifikasi dan SOP di web," kata Anas.

Selain itu, beberapa tour guide, tempat destinasi wisata, dan restoran juga sudah diberi pelatihan agar bisa menawarkan destinasi pariwisata sesuai dengan protokol COVID-19. Namun, kata Anas, sertifikasi itu tidak berlaku selamanya, bila ditemukan melanggar protokol COVID-19, akan dievaluasi kembali.

"Tentunya sertifikasi tidak selamanya, tapi bisa kita 1 minggu kita copot. Saya contohnya misalnya kawasan jajanan di alun-alun sesuai protokol COVID-19, tapi hari berikutnya waktu malam minggu pesertanya ramai sekali banyak yang melanggar nggak pake masker dan nggak berjaga jarak," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2