Temuan Struktur Batu Bata di Bondowoso Diperkirakan Permukiman di Zaman Makapahit

Chuk Shatu Widarsa - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 15:46 WIB
Temuan Struktur Batu Bata di Bondowoso Diperkirakan Bekas Permukiman di Zaman Makapahit
Benda-benda bersejarah di dalam sumur warga (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Benda-benda bersejarah diperkirakan peninggalan kerajaan Majapahit ditemukan di dalam sumur Bondowoso. Dari strukturnya, tempat tersebut diperkirakan merupakan permukiman.

Sebelumnya, sejumlah benda ditemukan di dalam sumur milik warga Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso. Benda-benda tersebut antara lain, batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna, adapula kerangka tulang.

Berdasarkan temuan dari tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, struktur yang ditemukan tersebut mengindikasikan sebuah pemukiman yang cukup besar di zaman itu.

"Karena tekniknya gosok, tanpa spasi antara bata satu dengan yang lain. Mungkin semacam dinding pagar, atau dinding rumah. Akan kami teliti terus," jelas arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho, kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Dia juga menduga, temuan itu merupakan permukiman peninggalan bersejarah pada zaman abad ke-13 atau 14. Terletak di lereng gunung Raung yang ada sekitar di Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi.

Simak juga video 'Warga Pasuruan Temukan Susunan Batu Bata Kuno Saat Bangun Irigasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2