Benda dan Struktur Peninggalan Majapahit Ditemukan di Dalam Sumur Bondowoso

Chuk S Widarsha - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 13:49 WIB
benda peninggalan majapahit
Sejumlah benda peninggalan Majapahit ditemukan di dalam sumur (Foto: Ghazali Dasuqi)
Bondowoso -

Sebuah benda dan struktur bangunan diperkirakan peninggalan sejarah ditemukan di Bondowoso. Tim peneliti dari BPCB Trowulan memperkirakan benda itu merupakan struktur bangunan peninggalan zaman Majapahit.

Untuk mendeteksi keberadaan benda peninggalan bersejarah itu lebih jauh, pemerintah setempat berencana mendatangkan geolistrik. Yakni alat untuk mendeteksi benda yang ada di bawah permukaan tanah.

"Tim dari BPCB Trowulan sudah turun. Bekerjasama dengan mereka, kami akan segera mendatangkan alat geolistrik," kata Kasi Sejarah dan Purbakala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso Heri Kusdaryanto kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Sejumlah benda ditemukan di dalam sumur milik warga Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso. Benda-benda tersebut antara lain, batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna, adapula kerangka tulang.

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) kemudian melakukan penelitian secara detil di area tersebut. Hasilnya, peninggalan tak hanya ada di sumur itu. Tapi di beberapa lokasi.

"Dari hasil penelitian, di dalam sumur terdapat struktur batu bata merah yang diperkirakan merupakan peninggalan zaman Majapahit," cetus Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog BPCB Trowulan saat di lokasi.

Bahkan, sebuah struktur diperkirakan sebuah dinding juga ditemukan di lokasi lain. Tim peneliti memprediksi, jika ada bangunan dinding berarti ada bangunan lain di tengahnya. Karena dinding biasanya bersifat melindungi bangunan lain.

"Temuan itu memang sangat menarik. Karena selama ini di Bondowoso banyak peninggalan megalitikum. Ini malah diduga peninggalan zaman Majapahit," kata Sinung Sudrajat, Wakil Ketua DPRD Bondowoso, di lokasi.

Sehingga, imbuhnya, bisa jadi di Bondowoso memang banyak peninggalan. Mulai zaman prasejarah hingga kerajaan di abad 13 atau 14. Dan itu harus mendapat perhatian pemerintah setempat.

Lihat juga video 'Warga Pasuruan Temukan Susunan Batu Bata Kuno Saat Bangun Irigasi':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)