Denda Bagi Warga Tak Bermasker di Surabaya Akan Berkisar Rp 250 Ribu?

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 21:40 WIB
Pemkot Surabaya tengah mematangkan perubahan Perwali, terkait sanksi denda bagi warga yang tidak memakai masker. Kemungkinan, sanksi untuk perorangan ada di kisaran Rp 250 ribu.
Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowati/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Pemkot Surabaya tengah mematangkan perubahan Perwali, terkait sanksi denda bagi warga yang tidak memakai masker. Ada kemungkinan, sanksi untuk perorangan ada di kisaran Rp 250 ribu.

Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowati mengatakan, perubahan Perwali akan dirampungkan dalam satu pekan ke depan. "Secepatnya (selesai), siap dalam minggu ini," kata Ira kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Ira kemudian menyampaikan gambaran soal besaran sanksi denda bagi warga yang melanggar protokol kesehatan. Baik sanksi untuk perorangan maupun tempat usaha. Menurutnya, sanksi denda tidak akan jauh berbeda dengan Pergub No 53 Tahun 2020.

"Kalau perorangan maksimal Rp 250 ribu, tapi untuk pelaku usaha dia melanggar beberapa ketentuan, tidak menerapkan physical distancing terhadap usahanya dikenakan, ada yang UKM sekian, ada beberapa lah tahapannya. Kita tidak jauh-jauh dari Pergub, langsung Rp 250 ribu itu sanksi administrasi," ungkap Ira.

Menurutnya, soal nominal denda bagi pelanggar perorangan belum seratus persen ditetapkan. Masih ada norma-norma yang perlu didiskusikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2