KAMI Sudah Deklarasi di Beberapa Kabupaten/Kota di Jatim, di Mana Saja?

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 18:47 WIB
kami jatim
Deklarasi KAMI Jatim (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) Jatim telah melakukan deklarasi di beberapa kabupaten/kota di Jatim. Tak mudah bagi KAMI untuk melakukan deklarasi.

"Kita sudah deklarasi 18 Agustus lalu di Taman Makam Pahlawan (TMP). Di daerah juga ada yang sudah deklarasi," kata Komite Eksekutif KAMI Jawa Timur, Donny Handricahyono saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (16/9/2020).

Daerah yang sudah deklarasi yakni Malang, Sidoarjo, Kediri, Mojokerto dan Magetan. Donny menyebut, dalam beberapa deklarasi yang dilakukan, pihaknya sempat dipersulit.

"Jadi deklarasi KAMI kayak diinteli. Awalnya saja, KAMI Jatim deklarasi di Gedung Juang. Lalu akhirnya gak diperbolehkan, dan deklarasi dadakan di Taman Makam Pahlawan (TMP). Hal serupa juga terjadi di deklarasi kabupaten/kota. Diinteli rata-rata," jelasnya.

"Jadi di TMP itu karena pemegang keputusan kita presidium, akhirnya KAMI Jatim dadakan deklarasi di TMP. Saat itu diikuti 150-180 orang," lanjutnya.

Donny menyampaikan bahwa KAMI Jatim bukanlah gerakan makar atau pemakzulan. Bila dianggap melakukan makar atau pemakzulan ia mempersilahkan pihak yang menganggap demikian untuk melapor ke pihak berwajib.

"Kita ini gerakan moral. Moral, pemikiran untuk maju. Jadi gak ada kita ini makar. Kita ini menyoroti apa yang belum diselesaikan pemerintah. Justru kita bantu untuk menyelesaikan bersama. Seperti masalah COVID-19, kita juga akan duduk bersama kalau pemerintah dan pihak lain tidak berfikir demikian," bebernya.

Donny menambahkan pihak yang tidak setuju dengan kehadiran KAMI jangan menghalangi kegiatan mereka. Karena, semakin KAMI Jatim dibendung, maka akan melambung.

"Siapa pun yang tidak sepakat, semakin kami dibendung, maka semakin melambung. Ini kebenaran, gak mungkin ditutupi dengan sesuatu apa pun. Yang sepakat gabung dengan kami silakan, yang gak jangan menghalangi," pungkas Donny.

(iwd/iwd)