Beredar Undangan Deklarasi, KAMI Jatim: Hoaks, Sudah Agustus Lalu

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 16:06 WIB
kami jatim
Undangan deklarasi KAMI Jatim yang beredar di grup WA (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Beredar undangan deklarasi KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) Jawa Timur. Deklarasi itu rencananya dilaksanakan pada Rabu (16/9) di Jalan Gayungsari nomor 35, Surabaya.

Undangan dalam bentuk gambar itu beredar di pesan grup WhatsApp. Dalam undangan itu terdapat rundown acara yakni pidato kebangsaan dari Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo.

Tertulis di undangan tersebut pihak yang mengundang adalah Sekretariat KAMI Jawa Timur. Massa yang hadir diwajibkan memakai dresscode batik/baju muslim. Juga dilarang membawa atribut dan bendera selain merah putih.

Komite Eksekuitf KAMI Jawa Timur, Donny Handricahyono mengatakan bahwa undangan deklarasi tersebut hoaks. Undangan itu dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab.

kami jatimDeklarasi KAMI Jatim Agustus lalu (Foto: Tangkapan layar)

"Nggak benar itu. Hoaks itu. Gak ada KAMI Jawa Timur deklarasi hari ini di depan Museum NU, hoaks," kata Donny saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (16/9/2020).

Donny menjelaskan, KAMI Jawa Timur sudah melakukan deklarasi sejak Agustus lalu di Taman Makam Pahlawan. Saat itu deklarasi memang dilakukan secara mendadak.

"Saat itu dadakan deklarasinya. Kita sudah deklarasi di TMP. Ada sekitar 150 orang yang ikut deklarasi. Jadi mereka yang datang itu, sesuai ajakan moral mereka," terangnya.

Berikut undangan deklarasi KAMI Jatim yang beredar di media sosial:

Assalamualaikum war wab, KAMI Jawa Timur mengundang Bapak/lbu untuk Hadir di acara "Deklarasi KAMI -KAMI se Jawa Timur & Pidato Kebangsaan Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo". Rabu,16 Sept 2020 09.00-12.00
Sekretariat KAMI Jawa Timur
(Halaman Depan Museum NU) JI Gayungsari Timur no 35 Surabaya. Pakaian: Baju Batik /Muslim. No Atribut dan Bendera selain Merah Putih. Mohon kehadiran tepat waktu. Wassalamu'alaikum war wab.

Simak video 'PPP Sentil Protokol Covid-19 di Deklarasi KAMI':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)