Gugatan Sengketa Pilkada Calon Independen dari Malang Dikabulkan Bawaslu

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:15 WIB
Bawaslu Jatim
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Bawaslu mengabulkan gugatan sengketa Pilkada calon independen dari Kabupaten Malang, Heri Cahyono dan Gunadi. Keduanya kini bisa mendaftar sebagai paslon kepala daerah di Pilkada Malang.

Sebelumnya, paslon ini sempat dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) saat mendaftar ke KPU. Namun, keduanya tidak menyerah dan mengajukan perbaikan atau gugatan sengketa ke Bawaslu.

"Proses sengketa yang diajukan oleh paslon independen telah diputuskan oleh Bawaslu Kabupaten Malang dan dikabulkan segala tuntutannya," kata Ketua Bawaslu Jatim Moh Amin saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Rabu (16/9/2020).

Amin mengatakan, pihak Bawaslu juga telah meminta KPU untuk melakukan koreksi melalui verifikasi faktual. Paslon ini pun dinyatakan memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU Malang.

"Selain itu, memerintahkan pada KPU Kabupaten Malang untuk melakukan koreksi atas putusan dan melakukan verifikasi faktual ulang pada lokasi objek sengketa dengan waktu selama tiga hari," papar Amin.

"Sampai saat ini proses verifikasi faktual ulang sudah dilakukan, dan telah dilakukan rekapitulasi tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten, dari hasil verifikasi faktual ulang tersebut calon independen tersebut telah dinyatakan berhak untuk melakukan pendaftaran," imbuhnya.

Dalam putusan Bawaslu, Amin menambahkan, pihak KPU diminta melaksanakan hasil sengketa dengan cara memperpanjang waktu pendaftaran. Amin menyebut paslon ini rencananya akan mendaftar hari ini di KPU Malang.

Tonton video 'Bawaslu Jelaskan Jenis Pelanggaran di Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2