Perluas Layanan Sembako Murah ke Warga, Lumbung Pangan Jatim Gandeng BUMDes

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 11:50 WIB
Petugas Lumbung Pangan Jatim Positif COVID-19
Lumbung pangan Jatim (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Lumbung Pangan Jatim akan menggandeng BUMDes untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Hal ini dilakukan untuk mendorong tumbuhnya ekonomi di pedesaan.

Selain masyarakat mendapatkan akses sembako murah, BUMDes juga mendapatkan keuntungan dari setiap pembelanjaan sembako Lumbung Pangan. Nantinya, BUMDes akan mengambil peran sebagai pihak yang ikut memasarkan produk lumbung pangan atau sebagai dropshipper.

Pada sistem ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa memaparkan BUMDes bukanlah sebagai gudang. Namun, pihak Lumbung Pangan Jatim akan mengirimkan paket sembako sesuai dengan pembelian dari masyarakat di daerah tersebut.

"Ini menjadi langkah inovasi dari Lumbung Pangan Jatim untuk bisa memperluas manfaat ekonomi. Bukan hanya masyarakat yang dapat untung namun BUMDes juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomi yang nantinya bisa digunakan untuk memajukan BUMDes nya masing-masing," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (16/9/2020).

Dalam pelaksanaannya, BUMDes berperan sebagai dropshipper sekaligus agen PT Pos Indonesia. Jadi, setiap masyarakat yang membeli paket sembako, Lumbung Pangan Jatim akan mengirimkan langsung ke BUMDes melalui PT Pos dengan gratis ongkir.

Selain itu, setiap paket sembako yang berhasil dipasarkan oleh BUMDes, BUMDes akan mendapatkan keuntungan Rp 5.000 per paket sembako.

Ada pula tambahan bonus jika akumulasi penjualan oleh BUMDes dalam sebulan di atas 1.000 pemesan. Bonus tersebut yakni tambahan keuntungan Rp 1,2 juta pada BUMDes.

Sedangkan jika pemesanan lebih dari 1.500 per bulan, akan mendapatkan tambahan Rp 3 juta dari Lumbung Pangan Jatim.

"Yang belanja tetap dapat sembako murah karena harga yang dipasarkan BUMDes sama dengan harga di outlet, website, maupun aplikasi. Ongkirnya juga tetap gratis, dan tetap bisa COD," imbuh Khofifah.

Selanjutnya
Halaman
1 2