Wagub Emil Ajak Masyarakat yang Gemar Gowes Terapkan Protokol Kesehatan

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 19:30 WIB
Wagub Emil Ajak Masyarakat Yang Gowes Terapkan Protokol Kesehatan
Wagub Jatim gowes (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengajak seluruh masyarakat Jatim menerapkan protokol kesehatan dalam bersepeda. Ajakan tersebut disampaikan agar masyarakat tetap menjalankan aktivitas olahraga dengan tidak meninggalkan aspek kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

"Berolahraga boleh akan tetapi harus sesuai dengan protokol kesehatan. Misalnya memakai masker dan menjaga jarak antar pesepeda," kata Wagub Jatim Emil usai Melepas Gowes Widyaiswara 2020 memperingati HUT Widyaiswara ke 20 BPSDM Jatim dan Widyaiswara Indonesia (WI) Jatim di Gedung Negara Grahadi, Minggu (13/9/2020).

Salah satu contoh yang disampaikan adalah soal jaga jarak para pegowes. Wagub Emil melihat, masih banyak para pesepeda selalu bergerombol saat beristirahat. Melihat itu, Emil meminta agar mereka tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya dalam menjaga jarak.

"Ketika beristirahat misalnya, tetap menjaga jarak dan memakai masker, karena banyak yang saya lihat ketika selesai bersepeda kemudian nongkrong-nongkrong tidak memakai masker dan jaga jarak," ujarnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini berpesan agar acara yang diselenggarakan BPSDM Jatim ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat dalam menerapkan prokes saat berolahraga. Apalagi, BPSDM yang membawai widyaiswara menjadi komponen penting dalam membangun profesionalisme ASN melalui pendidikan, pelatihan atau pengembangan kualitas SDM.

"Jadi inilah yang kita andalkan betul dari widyaiswara-widyaiswara kita, mudah-mudahan tentunya semakin sukses kedepannya, serta bisa menjadi salah satu yang mendorong kemajuan widyaiswara di Indonesia," jelasnya.

Usai melepas peserta gowes, Emil bersama rombongan Kepala OPD Pemprov Jatim pun ikut bersepeda bersama. Rute yang dilalui mulai dari Grahadi-Jalan Diponegoro-Jalan Banyu Urip-Jalan Raya Simo Kalangan-Jalan Raya Tandes Lor-Jalan Balongsari Tama dan berakhir di Kantor BPSDM Provinsi Jatim.

Acara tersebut pun dijadikan kesempatan untuk mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat soal disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terutama saat berolahraga.

(fat/fat)