Razia Masker, Belasan Warga Trenggalek Jalani Sidang di Tempat

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 20:00 WIB
Razia Masker, Belasan Warga Trenggalek Jalani Sidang di Tempat
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Aparat gabungan di Trenggalek juga menggelar operasi yustisi. Pelanggar yang terjaring tidak memakai masker langsung menjalani sidang di tempat dan dijatuhkan sanksi hakim.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, mengatakan razia yang dilakukan bersama Satpol PP, TNI, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Trenggalek tersebut dilakukan selama hampir satu jam di ruas jalan raya Soekarno-Hatta Trenggalek. Para pengendara kendaraan yang diketahui tidak memakai masker langsung dihentikan untuk menjalani proses hukum.

"Sebagaimana Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, kami lakukan operasi yustisi dan sidang di tempat. Kali ini kami melakukan penindakan dengan sanksi denda," kata Doni Satria Sembiring, Senin (14/9/2020).

Menurutnya para razia pertama ini, pihaknya berhasil menjaring 16 pengguna jalan yang tidak memakai masker. Mereka langsung diberikan hukuman moral dengan menghafalkan Pancasila maupun menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu pelanggar diserahkan kepada tim kejaksaan dan dihadapkan pada sidang di tempat bersama majelis hakim Pengadilan Negeri Trenggalek.

"Untuk besaran denda yang dijatuhkan merupakan keputusan majelis hakim, yang disesuaikan dengan aturan yang berlaku," jelasnya.

Doni menambahkan penindakan ini merupakan salah satu upaya hukum agar masyarakat di Trenggalek mematuhi aturan terkait protokol kesehatan dan tertib dalam memakai masker. Sebelum saksi penindakan tersebut, polisi mengklaim telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan, sesuai Inpres 6 tahun 2020, Selasa 14/9/2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2