Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19 Pertama di Jatim

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 23:10 WIB
Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang berganti status menjadi zona hijau. Kota tersebut bisa dikatakan sebagai daerah yang berhasil mengontrol persebaran COVID-19.
Peta sebaran Corona di Jatim/Foto: Istimewa
Surabaya -

Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang berganti status menjadi zona hijau COVID-19. Kota tersebut bisa dikatakan sebagai daerah yang berhasil mengontrol persebaran COVID-19.

"Alhamdulillah, ini pecah telur zona hijau di Jatim. Tentu kita bersyukur bahwa Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang menjadi zona hijau. Semoga segera disusul dengan daerah lain Jatim menjadi hijau," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Bakorwil Malang, Sabtu (20/6/2020).

Khofifah menjelaskan, berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, tingkat kematian kasus COVID-19 di Kota Madiun nol atau CFR 0 persen.


"Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Madiun selama 3 bulan tercatat hanya ada 7 orang. Testing melalui rapid test juga telah dilakukan secara massif yang dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM. Selain itu, tren penambahan jumlah pasien positif COVID-19 sangat rendah, rata-rata hanya bertambah 1 orang setiap 1-2 minggu," jelasnya.

Khofifah pun mengapresiasi Kota Madiun. Sebab, salah satu yang menjadi alasan Kota Madiun berhasil menjadi zona hijau adalah tracing rationya yang bagus. Di mana setiap satu pasien terkonfirmasi positif rata-rata ditemukan tracing OTG/ODP sebanyak 30 orang dan segera dilakukan isolasi.

Selain itu, selama masa pandemi, PDP yang meninggal di Kota Madiun tercatat hanya tiga orang dengan hasil swab negatif. Sebelumnya Kota Madiun juga mendapatkan penghargaan dalam kategori tertinggi Kota Sehat dari Menkes Terawan dan Mendagri Tito Karnavian di akhir tahun 2019.

Selanjutnya
Halaman
1 2