Lagi, Biker Masuk Tol Gegara Ikuti Google Maps

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 13:45 WIB
sepeda motor masuk tol
Viral motor masuk tol (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Video seorang pengendara sepeda motor (biker) masuk Tol Jombang-Mojokerto viral di medsos. Kepada polisi, biker ini mengaku tersesat ke jalan bebas hambatan tersebut karena mengikuti google maps.

Video berdurasi 45 detik ini diunggah akun Richi Ananta di salah satu grup Facebook Mojokerto. Dalam video yang direkam dari dalam mobil ini, nampak seorang pengendara sepeda motor matic melaju kencang di jalan Tol Jombang-Mojokerto. Pria tersebut memakai helm dan jaket warna gelap.

"Pengendara speda motor masuk jlan tol mojokerto-jombang.. kronologi si pemotor msuk dri pintu gerbang mojokerto.. dengan mepet truk tronton bak.. sehingga ptugas tidak mngetahui.. klau ada pemotor yg msuk... di loket juga pas ggk ada ptugas yg jaga," tulis akun Richi Ananta dalam unggahan video tersebut seperti dikutip detikcom, Senin (14/9/2020).

Dalam video tersebut, pria yang merekam video juga menyebutkan lokasinya. Yaitu di KM 709 Tol Jombang-Mojokerto. Biker yang nekat masuk jalan tol ini mengendarai Honda Scoopy nopol S 4616 OV. Di akhir video, si perekam sempat mengingatkan biker tersebut.

sepeda motor masuk tolSepeda motor masuk tol (Foto: Enggran Eko Budianto)

"Mas, salah jalur," teriak pria yang merekam video tersebut.

Manajer Operasi Tol Jombang-Mojokerto Udhi Dwi Saputro membenarkan insiden tersebut. Menurut dia, biker nekat masuk ke tol itu berhasil diamankan petugas patroli jalan raya (PJR) di KM 697 arah Jombang pagi tadi sekitar pukul 09.22 WIB.

"Yang bersangkutan sudah ditilang oleh PJR dan dibantu keluar dari jalan tol," kata Udhi dalam rilis yang diterima detikcom.

Biker tersebut diketahui bernama M Hani Palupi (27), warga Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Jombang. Dia masuk ke jalan tol melalui rest area KM 726 ruas tol Surabaya-Mojokerto sekitar pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Hani melaju dengan sepeda motornya menuju ke arah Jombang.

"Yang bersangkutan mengaku masuk melalui rest area 726 Tol Sumo, melalui pintu yang biasa untuk petugas rest area. Tujuannya ke Diwek, Jombang," terang Udhi.

Kepada petugas PJR, lanjut Udhi, biker tersebut tidak sengaja masuk ke tol. Hani mengaku mengikuti arahan dari google maps.

"Alasannya mengikuti google maps mau ke Jombang, mungkin biar lebih cepat," tandasnya.

Tonton video 'Pemotor 'Cengtri' Masuk Tol Bekasi, Tersenggol Mobil Lalu Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)