Ketua KPU Surabaya Sebut Anggotanya Akan Swab Berkala Saat Pandemi

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 11:23 WIB
Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi
Ketua KPU Kota Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

KPU Surabaya menerapkan tes swab secara berkala saat Pilkada 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tes swab ini dilakukan tiap bulan, tidak hanya ada calon wali kota di Pilwali Surabaya positif COVID-19.

"Semuanya akan kita lakukan swab secara berkala perbulan. Tidak hanya sekarang, mungkin bulan depan akan dilakukan swab lagi, ya ini kan program berkala," kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi kepada wartawan, Sabtu (12/9/2020).

Nur menampik bahwa pengecekan kesehatan tersebut berhubungan dengan adanya salah satu cawali di Surabaya positif COVID-19.

"Ya kebetulan saja, kegiatan swabnya baru bisa dilaksanakan sekarang. Tidak ada hubungannya dengan paslon, tidak ada hubungannya dengan isu yang beredar di media," tegasnya.

Dia mengatakan tes swab tersebut merupakan program lanjutan dari rapid test pada bulan sebelumnya. Tes swab PCR ini juga sudah dirapatkan oleh para anggota sejak tiga pekan lalu.

"Swab ini rutin saja, pleno sudah memutuskan tiga minggu yang lalu kita harus melakukan swab. Awal bulan Agustus kita sudah memutuskan rapid test, kemudian hasil rapidnya dipertegas dengan swab," tandasnya.

Hingga kini, pihaknya belum mengetahui hasil tes swab tersebut. "Total (anggota KPU Surabaya) kami ada 42 orang, dan yang ikut tes swab pada Jumat (11/9) ada dua anggota. Saya nggak tahu perkembangannya (Hasil tes swab), belum ada rekap," kata Nur.

Sebelumnya, puluhan anggota KPU Surabaya menjalani swab setelah ada satu anggota cawali Surabaya positif COVID-19. 46 Anggota KPU itu melakukan swab sejak Jumat (11/9/2020) di GOR Pancasila.

Tonton video 'DPR Wanti-wanti Kampanye Pilkada 2020 Berpotensi Sebarkan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)