Eri Cahyadi Janjikan Surabaya Jadi Kota Berkelas Dunia dan Ramah Dunia Usaha

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 20:05 WIB
Eri Cahyadi Janjikan Surabaya jadi Kota Berkelas Dunia dan Ramah Dunia Usaha
Eri-Armuji bertemu pengusaha (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjanjikan Kota Pahlawan menjadi kota berkelas dunia dan ramah dalam dunia bisnis jika terpilih. Hal itu disampaikan saat bertemu ratusan pengusaha.

"A world-class business environment, itulah Surabaya ke depan. Ekosistem bisnis di Surabaya harus kelas dunia. Apa saja itu ekosistem bisnis? Mulai dari SDM, infrastruktur, sistem perizinannya, kesiapan tenaga kerja, dukungan pemerintah, dan sebagainya. Semuanya harus berkelas dunia. Kemudahan berbisnis di Surabaya terus kita tingkatkan," papar Eri didampingi Cawawali Armuji, Jumat (11/9/2020).

Untuk mewujudkan itu, lanjut Eri, sinergitas antara pemerintah kota dengan pengusaha adalah hal wajib. Sebab dengan begitu dunia usaha akan tetap bisa bergeliat dan tetap bisa membuka lapangan pekerjaan di tengah gempuran pandemi COVID-19 yang masih melanda.

"Apalagi dalam konteks menghadapi dampak pandemi COVID-19, butuh sinergi pemerintah dan dunia usaha, sehingga kita bisa buka kembali lapangan kerja untuk rakyat," cetus mantan Kepala Bappeko itu.

Dalam kesempatan itu, Eri menyampaikan terima kasih kepada para pelaku usaha yang telah menggerakkan ekonomi rakyat Kota Pahlawan. Berkat investasi kalangan dunia usaha, lapangan kerja pun terbuka. Sehingga sinergi pemerintah dan dunia usaha terus maju.

"APBD Surabaya ini sekitar Rp 10 triliun. Tapi PDRB Surabaya Rp 580 triliun. Artinya, ekonomi di masyarakat yang di dalamnya ada peran pengusaha jauh lebih besar dibanding kemampuan fiskal pemerintah. Artinya pula, ekonomi rakyat akan jeblok jika dunia usaha juga jeblok. Inilah pentingnya membangun sinergi pemerintah dan dunia usaha, agar ekonomi rakyat terangkat," jelasnya.