100 Ribu Masker Dibagikan ke Warga Kota Malang Tekan Kasus COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:30 WIB
polresta malang bagi-bagi masker
Pembagian masker dan pemberian sanksi (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Kampanye pentingnya menggunakan masker gencar dilakukan Polresta Malang Kota. Sebanyak 100 ribu masker dibagikan gratis kepada masyarakat mulai hari ini. Bersamaan, gerakan hidup sehat untuk mencegah penularan virus COVID-19 dideklarasikan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menyatakan, deklarasi Jatim Bermasker dilaksanakan dengan membagikan 100 ribu masker kepada masyarakat di Kota Malang. Karena masker, kata Leonardus, adalah alat utama untuk mencegah penularan virus COVID-19.

"Perlu menjadi pedoman kita, bahwa masker sebagai alat utama mencegah penularan virus COVID-19. Karena maskerku melindungimu dan maskermu melindungi," terang Leonardus usai deklarasi dan kampanye Jatim Bermasker depan Balai Kota Malang, Kamis (10/9/2020).

Menurutnya, butuh kesadaran tinggi sehingga masker menjadi suatu kewajiban yang harus dipakai saat beraktivitas di luar rumah.

Leonardus mengajak masyarakat agar disiplin memakai masker. Apalagi, Kota Malang sudah memiliki peraturan wali kota (Perwali) dimana salah satunya mewajibkan penggunaan masker saat berada di luar rumah.

"Orang pakai masker menandakan kalau orang tersebut disiplin. Kota Malang sudah punya Perwali yang diharapkan bisa menjadi jalan agar masyarakat disiplin memakai masker," tutur Leonardus.

Kalau dua orang tidak menggunakan masker, lanjut Leo, maka kemungkinan 75 persen sampai 100 persen dapat terpapar COVID-19. Jika dua orang dan salah satu menggunakan masker, maka kemungkinan 25 persen bisa terpapar virus.

"Tetapi dua orang menggunakan masker dengan jarak dua meter itu nol persen. Ini simulasi yang disampaikan oleh WHO. Dan menjadi pedoman bagi kita bahwa masker menjadi alat yang utama untuk mencegah COVID-19," jelasnya.

Apel pagi digelar depan Balai Kota Malang sebelum pelaksanaan deklarasi dan pembagian ratusan ribu masker oleh Polresta Malang Kota, pagi tadi.

Setelah itu, kapolresta bersama Forkopimda Kota Malang melanjutkan kampanye langsung pentingnya memakai masker dengan berjalan kaki menuju kawasan Stasiun kereta api Kotabaru.

(fat/fat)