Dua Pembunuh Mertua Mantan Sekkab Lamongan Divonis Mati dan Seumur Hidup

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:42 WIB
pembunuhan di lamongan
Terdakwa didampingi kuasa hukum (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Masih ingat kasus pembunuhan ibu mertua mantan Sekkab Lamongan Yuhronur Efendi beberapa waktu lalu? Dua terdakwanya hari ini menerima vonis yang berbeda. Otak pembunuhan divonis hukuman mati sesuai tuntutan JPU sedangkan eksekutor diganjar dengan hukuman seumur hidup.

Dalam sidang yang berlangsung secara virtual di Pengadilan Negeri Lamongan ini, sang aktor intelektual, Sunarto (44) divonis hukuman mati sedangkan sang eksekutor Imam Winarto divonis hukuman seumur hidup. Vonis ini sesuai dengan tuntutan jaksa sebelumnya.

"Untuk terdakwa Sunarto vonis mati dan untuk Imam Winarto divonis seumur hidup," kata Kasi Pidum Kejari Lamongan Irwan Safari ketika dihubungi detikcom, Kamis (10/9/2020).

Hakim Ketua yang juga Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, R Ari Muladi berkeyakinan keduanya secara sah melakukan tindakan perencanaan pembunuhan pada korban Hj. Rowaini. Sidang berjalan sesuai rencana, meski pada akhir bacaan vonis untuk Imam Winarto, jaringan PN dengan Lapas kelas IIB Lamongan sempat terjadi eror. Namun, hal itu tak berlangsung lama karena sesaat kemudian jaringan kembali normal hingga pembacaan vonis.

"Untuk barang bukti dikembalikan semuanya ke keluarga korban melalui anaknya dan untuk barang bukti pisau dirampas untuk dimusnahkan," ujar Irwan.

Penasihat Hukum terdakwa Imam Winarto, Luqmanul Hakim dikonfirmsi wartawan terkait putusan terhadap kliennya mengakui jika kliennya termasuk kooperatif. Kliennya, kata Luqman, melakukan tindakan pidana itu karena perintah Sunarto yang diputus hukuman mati.

"Kita pikir-pikir, masih ada waktu 7 hari untuk melakukan upaya hukum, apakah menerima atau banding, kita pikir-pikir," kata Luqman.