KPID Jatim Panggil SBO TV Soal Logo PDIP Jadi Lambang Sila ke-4

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 20:36 WIB
logo ke empat pancasila
Logo PDIP muncul di sila keempat Pancasila (Tangkapan Layar)
Surabaya -

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur akan menggelar sidang pemeriksaan isi siaran terkait munculnya logo PDIP di program Guruku yang tayang di SBO TV. Sidang itu menentukan sanksi apa yang akan diterima SBO TV.

Komisioner KPID Jatim Bidang Penindakan Pelanggaran Isi Siaran, Immanuel Yosua Tjiptosoewarno mengatakan pihaknya telah memonitor temuan tersebut. Pihaknya juga telah menerima pengaduan dari masyarakat soal munculnya logo PDIP di program televisi SBO 'Guruku'.

"Jadi terkait dengan logo itu, kami pertama dari hasil tim monitoring, memang ditemukan logo itu. Kita juga menemukan di grup whatsapp terlihat rekaman itu. Dan juga ada pengaduan masyarakat. Terkait tiga aduan itu, kita telepon SBO TV untuk klarifikasi, mereka juga mengakui. Kita langsung layangkan surat pemanggilan untuk sidang pemeriksaan isi siaran di KPID," kata Yosua saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/9/2020).

Komisioner KPID Jatim Bidang Penindakan Pelanggaran Isi Siaran, Immanuel Yosua TjiptosoewarnoKomisioner KPID Jatim Immanuel Yosua Tjiptosoewarno/ Foto: Faiq Azmi

Yosua menjelaskan KPID telah menelpon pihak SBO TV. Pihak SBO, menurut Yosua sudah mengakui bahwa tayangan itu memang ada. KPID pun melakukan rapat pleno, dan telah melayangkan surat ke SBO TV. Surat pemanggilan tersebut dilayangkan, karena KPID akan menyelenggarakan sidang pemeriksaan isi siaran.

Dalam sidang yang akan digelar Kamis (10/9/2020) di KPID Jawa Timur. KPID akan mendengar klarifikasi langsung dari SBO TV soal munculnya logo PDIP.

Soal sanksi, Yosua menegaskan bila SBO TV bersalah akan diberi sanksi berupa teguran lisan hingga dilarangnya program Guruku untuk ditayangkan kembali.