KPU Surabaya Izinkan Paslon Kampanye Tatap Muka dengan Protokol Kesehatan

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 17:44 WIB
KPU Surabaya memastikan, kampanye pasangan calon (paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya boleh digelar secara tatap muka. Namun harus menerapkan protokol kesehatan.
Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi/Foto file: Faiq Azmi
Surabaya -

KPU Surabaya memastikan, kampanye pasangan calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya boleh digelar secara tatap muka. Namun harus menerapkan protokol kesehatan.

"Kampanye tetap seperti biasa. Pertemuan tatap muka dibolehkan. Sejauh ini aturan kampanye baru diatur terkait aturan tatap muka yang berpotensi menimbulkan kerumunan, dan itu paling banyak 50 persen dari kapasitas juga tetap dengan protokol kesehatan, yaitu minimal memakai masker," kata Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi di kantornya, Senin (7/9/2020).

Syamsi menyampaikan kemungkinan adanya peraturan yang lebih detail tentang kampanye tatap muka. Namun hingga hari ini belum ada perubahan dari peraturan yang terdahulu.

Saat pendaftaran pasangan calon, banyak pendukung berjubel dan berkerumun di sekitar KPU Surabaya. Menanggapi hal itu, Syamsi menyebut pihaknya hanya mengatur tata cara di area pendaftaran. Hal itu diatur di Peraturan KPU Nomor 10.

"Di luar area pendaftaran, massa pendukung itu jadi kewajiban pasangan calon masing-masing untuk mengaturnya. Yang bisa kami tata di area pendaftaran saja," jelasnya.

Ia menambahkan, jadwal kampanye dalam Pilkada Serentak 2020 akan berlangsung tiga hari setelah tanggal penetapan calon. Penetapan calon digelar pada 23 September mendatang.