Detik-detik Kecelakaan Maut di Tuban yang Tewaskan Enam Orang

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 15:59 WIB
kecelakaan di tuban
Kondisi Kijang setelah menabrak truk (Foto: Istimewa)
Tuban -

Kecelakaan maut di Tuban menewaskan enam orang. Kecelakaan itu terjadi saat sebuah mobil Kijang menabrak sebuah truk di jalur pantura Tuban, tepatnya Jalan Tuban-Bancar KM 12-13 Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu.

Enam orang meninggal dunia di lokasi kejadian. Lima orang merupakan penumpang yang masih satu keluarga, satu orang sopir, dan satu orang penumpang selamat yang duduk di kiri sopir kijang.

"Enam orang yang meninggal, termasuk sopirnya. Dan ini yang selamat satu orang yang duduk di samping kemudi kijang," ujar Kasat Lantas Tuban AKP Argo Budi Sarwono kepada detikcom, Senin (7/9/2020).

Argo mengatakan kecelakaan maut ini melibatkan Kijang bernopol K 8825 BE yang disopiri Ismail (43), warga Dusun Krajan, Desa Dingil, Kecamatan Jatirogo, Tuban dengan Truk Colt Diesel Nopol S 8252 HJ yang dikemudikan Muslik (62), warga Desa/Kecamatan Palang, Tuban.

kecelakaan kijang dan truk di KM 17 Dusun Beji Kec Jenu, TubanTruk yang ditabrak Kijang (Foto: Istimewa)

"Kalau kita lihat di lokasi kejadian dan berdasarkan beberapa saksi, diduga kuat kecelakaan terjadi karena faktor kelalaian sopir Kijang." kata Argo.

Argo menjelaskan kronologi berawal saat mobil kijang yang berjalan dari arah barat berusaha menyalip truk di depannya. Usai menyalip, Kijang yang berusaha kembali ke jalurnya ternyata oleng ke kanan. Dan saat bersamaan dari arah timur melaju truk col diesel bermuatan ikan.

"Kijang melaju dari arah barat ke timur, berusaha mendahului truk melalui sisi kiri. kemudian setelah berhasil mendahului truk di depannya, Kijang berjalan oleng ke kanan kemudian masuk lajur kanan. Bersamaan dengan itu, dari arah berlawanan melaju truk sehingga terjadi laka lantas yang tidak terhindarkan," jelas Argo.

kecelakaan kijang dan truk di KM 17 Dusun Beji Kec Jenu, TubanFoto: Istimewa

Salah satu saksi mata juga membenarkan bahwasanya Kijang berisikan tujuh orang ini lebih dulu menyalip truk kemudian menabrak truk yang berjalan dari arah berlawanan.

"Awalnya berusaha mendahului kendaraan lain yang ada di depannya dengan kecepatan tinggi. Dari barat mobil kijang ini, nyalip kanan terus nabrak," ujar Jasmari salah satu warga yang melihat kejadian itu.

Kendaraan Kijang mengalami ringsek total. Bahkan para penumpang Kijang terlempar berserakan di sekitar badan mobil yang ringsek, termasuk pengemudinya. Satu korban bahkan terjepit di dalam kendaraan.

(iwd/iwd)