Daftar ke KPU Banyuwangi, Yusuf-Gus Riza Janjikan Ini Jika Terpilih Nanti

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 21:13 WIB
yusuf-gus riza
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Setelah pendaftaran Ipuk-Sugirah ke KPU Banyuwangi, giliran pasangan calon paslon Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy mendaftarkan diri menjadi calon bupati dan wakil bupati di Pilbup Banyuwangi 2020. Yusuf berjanji jika terpilih nanti, dirinya hanya akan menjalankan satu periode, dan tak akan mencalonkan keluarga dan kerabatnya. Sindir siapa?

Paslon Mas Yusuf-Gus Riza mendatangi KPU Banyuwangi sekira pukul 15.30 WIB, bersama dengan pimpinan partai 4 partai pengusungnya, Minggu (6/9/2020). Seluruh pimpinan dan sekretaris partai dari Demokrat, PKS, PKB dan Golkar, mengantar keduanya untuk mendaftarkan diri.

Setelah melakukan verifikasi berkas dan pasangan calon, KPU Banyuwangi menyatakan kedua pasangan, Mas Yusuf dan Gus Riza resmi mendaftarkan diri menjadi cabup dan cawabup.

"Dengan ini menyatakan pasangan Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy resmi mendaftarkan diri ke KPU sebagai calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi 2020. Selanjutnya, kita menunggu tahapan selanjutnya yakni tes kesehatan di rumah sakit Saiful Anwar Malang," ujar Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni.

Sementara itu, dalam press conference usai mendaftarkan diri ke KPU Banyuwangi, Yusuf mengaku jika nantinya terpilih dalam kontestasi politik 5 tahunan ini, dirinya hanya akan menjalankan satu periode saja. Dirinya tidak akan mencalonkan diri lagu di 5 tahun selanjutnya. Bahkan dirinya tak akan meminta keluarga dan anaknya untuk maju di Pilkada.

"Saya kalau memang diberi amanah untuk menjadi Bupati Banyuwangi saya akan melaksanakan satu periode. Dan nantinya saya tidak akan memberikan kepada anak saya istri saya dan keluarga saya," ujarnya.

"Sudah cukup nanti akan dilanjutkan oleh yang lainnya," tambahnya.

Sementara untuk target kemenangan, kata Yusuf, pihaknya tidak akan muluk-muluk menyebutkan angka. Yusuf pun memberikan visi dan misi maju ke Pilbup Banyuwangi 2020 dengan tagline Makmur bersama Wong Cilik.

"Kami tidak muluk-muluk. Yang pasti menang tidak menargetkan angka karena kita yakin menang. Makmur bersama wong cilik. Kami tidak mau Makmur itu hanya dinikmati oleh perseorangan tapi seluruh masyarakat Banyuwangi," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yusuf Widyatmoko merupakan kader dari PDI Perjuangan Banyuwangi. Namun rekomendasi partai berlambang banteng itu malah turun ke istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Saat ini, DPC PDIP Banyuwangi telah merekomendasikan kepada DPP PDIP untuk melakukan pemecatan.

Yusuf Widyatmoko bersama KH Muhammad Riza Aziziy pun akhirnya mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat, PKS, PKB dan Golkar untuk maju di Pilbup Banyuwangi 2020.

(iwd/iwd)