54 Warga Sidoarjo Tak Pakai Masker Dihukum Ngaji di Makam Pasien COVID-19

Suparno - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 09:04 WIB
ngaji di pemakaman covid
Warga Sidoarjo yang tak pakai masker dihukum ngaji di makam COVID-19 (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Sebanyak 54 warga Sidoarjo yang mengabaikan protokol kesehatan kena hukuman. Hukumannya, mereka diajak ngaji bareng di pemakaman pasien COVID-19 di Delta Praloyo di Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo.

Mereka yang kena hukum adalah yang terjaring razia jam malam karena tidak memakai masker. Razia digelar petugas gabungan yang terdiri atas polisi, TNI, dan Satpol PP. Sasaran razia adalah warkop dan kafe.

Setelah terjaring razia, warga yang melanggar diajak ke pemakaman pasien COVID-19. Sekitar pukul 23.20 WIB, mereka mulai ngaji bareng yang dipimpin salah satu warga yang melanggar protokol kesehatan tersebut.

Setelah doa bareng dan membaca tahlil selesai sekitar pukul 23.45 WIB, mereka tidak boleh meninggalkan tempat. Mereka diharuskan tetap duduk di sebelah tiap-tiap pusara pasien COVID-19 untuk merenungi kesalahannya. Kemudian sekitar pukul 00.20 WIB mereka baru diizinkan meninggalkan pemakaman pasien COVID-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengatakan selama ini warga di Sidoarjo masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. Kedisiplinan warga masih kurang, terutama yang tidak menggunakan masker dan melanggar jam malam.

"Mereka yang terjaring razia jam malam dan tidak menggunakan masker diberi sanksi sosial ngaji bareng dan baca tahlil di TPU COVID-19 di Delta Praloyo," kata Sumardji kepada wartawan di lokasi ngaji bareng, Sabtu (4/9/2020).

Sumardji menambahkan sebenarnya pihaknya sering melakukan razia seperti ini, dan mereka yang terjaring diberi sanksi sosial. Namun warga di Sidoarjo masih banyak yang bandel.

Selanjutnya
Halaman
1 2