Siswa dan Guru di Surabaya Dapat Kuota Internet Gratis, Segera Input No HP

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 17:35 WIB
Kepala Bidang Guru dan Bidang Pendidikan Dispendik Surabaya Mamik Suparmi
Dispendik Surabaya (Foto File: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Memperingan belajar daring saat pandemi COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membagikan kuota 35 GB per bulan. Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya pun langsung menginstruksikan kepala sekolah menginput nomor telepon siswa ke dalam aplikasi data pokok pendidikan (dapodik) sebelum 11 September 2020.

"11 September batas akhir pengimputan data siswa. Belum tahu (Diberikan kuota sampai kapan), kan baru pendataan. Itu batas akhirnya pemberiannya, belum tahu sampai kapan, " kata Kabid Guru dan Bidang Pendidikan Dispendik Surabaya, Mamik Suparmi saat dihubungi detikcom, Kamis (3/9/2020).

Kepada siswa yang akan mendapat bantuan kuota internet sebanyak 35GB, tidak ada persyaratan selain menginput nomor HP siswa di dapodik. Jika siswa tidak memiliki ponsel pintar bisa diberikan kepada wali murid.

"Misal siswa yang punya hanya satu, yaitu HP orang tuanya, ya itu yang akan dimasukkan (kuota 35GB)," ujarnya.

Di Surabaya sendiri terdapat 970 SD dan SMP. Di antaranya ada 285 SD Negeri, 362 SD Swasta, 63 SMP Negeri dan 260 SMP Swasta.

Sementara untuk siswa dan orang tua tidak memiliki HP untuk menginput nomor, guru akan tetap mengirimkan modul pembelajaran ke rumah. Baik untuk siswa TK, SD dan SMP selama sepekan sekali.

"Surabaya sudah punya kebijakan semenjak pandemi COVID-19 kami sudah menyampaikan kepada para kepada sekolah bahwa untuk anak-anak yang tidak punya HP sama sekali baik orang tua dan anak. Guru melayani membuatkan modul ringkasan yang dianatr dan diambil penugasannya seminggu sekali. Petugas sekolah yang akan mengantarkan tugasnya," jelasnya.

Para guru juga akan mendapatkan kuota internet gratis sebanyak 42GB per bulan. Total jumlah guru sendiri ada ada 21.821. Di antaranya guru SD ada 14.254 dan guru SMP 7.567.

Tonton video 'Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)