Senyawa Bakal Calon Obat COVID-19 Unair Akan Dipatenkan

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 10:38 WIB
lima senyawa obat corona
Lima senyawa obat Corona Unair sebelum disempurnakan (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kabar baik soal obat Corona datang lagi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Senyawa bakal calon obat COVID-19 yang diteliti tim riset Unair akan segera dipatenkan.

"Yang menggembirakan, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama, kita juga akan mematenkan untuk senyawa obat. Bakal calon obat COVID-19 bakal kita patenkan. Sedang kita siapkan," kata Rektor Unair Prof Moh. Nasih di Gedung Rektorat, Rabu (2/9/2020).

Nasih menyampaikan, jika uji in Vivo dan in Vitro untuk senyawa sudah selesai. Unair pun berharap, dalam waktu dekat hasil penelitian bakal calon obat Corona Unair bisa segera diumumkan.

"Hasil dari in Vivo dan in Vitro cukup bagus, untuk uji klinisnya tetap di sana. Kita perlu mematenkan itu karena menyangkut formula-formula tertentu jadi harus kita patenkan dulu. Kita ndak publish dulu sebelum memantenkan hasil penelitian," jelasnya.

Kini, tim peneliti Unair tengah mematangkan untuk senyawa bakal calon obat COVID-19 untuk menuju proses agar segera dipatenkan. Menurutnya, hal ini bukanlah perkara mudah melakukan research di tengah pandemi COVID-19 seperti ini.

Tonton video 'BPOM Sebut UEA Siap Sediakan Vaksin COVID-19 untuk Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2