Waspadai Alergi Bisa Timbulkan Sesak Nafas hingga Asma

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 07:21 WIB
ilustrasi alergi dingin
Foto: thinkstock

"Supaya nggak gampang alergi harus rajin olahraga, life style diubah menjadi lebih sehat, makan sayuran, buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E. Pemggunaan pelembab juga penting terutama untuk hawa dingin, setiap habis mandi kelembaban kulit dijaga. Air suhu biasa tidak dingin atau panas," jelasnya.

Ada pun alergi terhadap keringat pada tubuhnya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut dapat menggunakan baju berbahan katun dan mandi rutin dua sampai tiga kali dalam sehari.

Liana menjelaskan, alergi itu bisa bersifat akut dan kronis. Dermatologis akut berupa merah, bengkak hingga melepuh tetapi ada rasa gatal. Sedangkan kronis bisa terjadi penebalan kulit, pecah-pecah seperti kulit bergaris-garis.

dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, dr Liana Verawaty M Biomed SpKKdr Liana Verawaty M Biomed SpKK/ Foto: Esti Widiyana

"Tapi kalau alergi ada penyebabnya, gimana caranya mengobati harus tahu alerginya apa," kata dia.

Tiba-tiba seseorang alergi makanan juga bisa karena daya tahan tubuh tidak bagus. Sebab, alergi bisa muncul melalui proses imunologis.

"Makan ini sekarang tidak apa-apa, tapi jadi terkumpul dan suatu saat bisa keluar alerginya. Misalnya dulunya tidak apa-apa makan udang sekarang jadi alergi itu bisa saja. Kalau udang bisa nggak bersih atau fresh," urainya.

Agar bisa menangani alergi sendiri di rumah dan tidak menjadi parah, sediakan obat anti gatal hidrokortison. Tetapu, untuk penanganan lebih lanjut ke dokter kulit.


(fat/fat)