Waspadai Alergi Bisa Timbulkan Sesak Nafas hingga Asma

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 07:21 WIB
ilustrasi alergi dingin
Foto: thinkstock
Surabaya -

Waspadai alergi. Sebab, terkadang tiba-tiba kambuh tanpa disadari tubuh atau area tertentu menjadi gatal, kemerahan hingga kulit menjadi pecah-pecah. Jika tidak segera ditangani, alergi bisa menimbulkan sesak nafas meski tidak memiliki riwayat asma.

"Alergi bisa sampai asma, alergi macam-macam yang diserang. Mulai dari kulit, mukosa (mata bibir) saluran pernafasan yang paling parah. Bisa sampai sesak nafas nggak hanya orang yang punya asma kalau alergi parah bisa sampai sesak," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, dr Liana Verawaty M Biomed SpKK saat dihubungi detikcom, Rabu (2/9/2020).

Jika sudah timbuk rasa sesak nafas, cara mengatasinya yaitu segera diberi pertolongan di RS. Pasien dibawa ke IGD dan diberikan suntik alergi untuk meredakan keluhan pada alergi.

"Segera dibawa ke IGD (sesak nafas), kalau kedua matanya sudah bengkak juga harus segera dibawa (ke IGD). Disuntik alergi. Kalau masih di rumah mesti diobat anti alergi," ujarnya.

Liana menyampaikan, alergi memiliki macam-macam penyebab, selain makanan salah satunya terhadap suhu. Rupanya, seseorang bisa timbul alergi pada suhu yang terlalu panas atau dingin.

"Klinisnya ke kulit, gatel merah, kulit pecah-pecah (kulite telapak kaki) dari udara dingin ke panas kulitnya tidak tahan. Bibir pun juga," ucapnya.

Namun, lanjut Liana, alergi itu berhubungan dengan daya tahan tubuh. Jika orang tersebut memiliki imunitas baik, seperti rajin olahraga akan tidak mudah alergi. Berberda dengan orang yang tidak pernah berolahraga dan memiliki imun kurang baik akan mudah alergi.

Selanjutnya
Halaman
1 2