Iseng Laporan Palsu soal Kebakaran, Pria di Surabaya Terancam 10 Tahun Penjara

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 22:34 WIB
Seorang pria di Surabaya diamankan karena membuat laporan palsu. Ia melaporkan berita bohong soal kebakaran.
Jumpa pers Polrestabes Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Seorang pria di Surabaya diamankan karena membuat laporan palsu. Ia melaporkan berita bohong soal kebakaran.

Tersangka diketahui berinisial AY, warga Bluru Permai V-18 Sidoarjo. Ia diamankan petugas setelah membuat laporan palsu soal kebakaran di Jalan Jetis, Wonokromo pada Kamis (27/8) siang .

"Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya telah melakukan penangkapan terhadap seseorang yang diduga melakukan dan menyebarkan berita bohong, terkait informasi mengenai kebakaran yang terjadi di Jalan Jetis Kulon Gang 5 Surabaya," kata Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Wahyudin Latief dalam rilis di Polrestabes Surabaya, Senin (31/8/2020).

Latief menambahkan, tersangka melaporkan informasi kebakaran di command center 112. Informasi itu direspons dan dicek oleh petugas Damkar Kota Surabaya dengan menurunkan beberapa unit mobil pemadam serta polsek setempat. Namun saat sampai di lokasi, tidak ada kejadian seperti yang dilaporkan tersangka. Selanjutnya petugas kembali. Warga pun sempat gaduh akibat informasi tersebut.

"Kemudian warga sempat bertanya-tanya (atas informasi itu) dan viral informasinya. Berdasarkan dari informasi itu kami menerjunkan unit Resmob untuk melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap tersangka," ungkap Latief.