PKB Resmi Tunjuk Gus Ipul Jadi Cawali Pasuruan 2020

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 19:37 WIB
PKB Resmi Tunjuk Gus Ipul Jadi Calon Wali Kota Pasuruan
PKB rekomendasi ke Gus Ipul (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

PKB akhirnya resmi memberikan rekomendasi kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilwali Pasuruan 2020. Gus Ipul ditunjuk sebagai calon wali kota berpasangan dengan Adi Wibowo.

Rekomendasi diserahkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatimiyah, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tapaan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan. Rekomendasi diserahkan Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi kepada Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki kemudian diberikan kepada Gus Ipul.

"Keputusan DPP PKB No. 3652/DPP/01/8/2020, mengesahkan dan menetapkan Drs H Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Adi Wibowo, sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Pilwali Pasuruan 2020," kata Fauzan, Jumat (28/8/2020).

Penyerahan rekomendasi disaksikan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar dan beberapa ulama serta pengurus DPC PKB Kota Pasuruan. Abdul Halim menjelaskan dasar turunnya rekomendasi.

"Prinsip dasarnya, PKB adalah satu-satunya partai politik yang dilahirkan oleh Nahdlatul Ulama dan selalu saya katakan di mana-mana, tidak ada gunanya ber-PKB kalau tidak untuk kepentingan perjuangan jamiyah Nahdatul Ulama dan Islam Ahlussunah wal Jamaah An Nadhliyah. Nah begitu juga saat mengusung calon, maka visi-misi ini harus menjadi pegangan utama. Oleh karena itu tanggung jawab Gus Ipul, tidak ada gunanya jadi wali kota kalau tidak untuk kepentingan perjuangan jamiyah Nahdlatul Ulama," terang Halim.

Gus Ipul menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PKB. Ia berjanji akan melaksakan amanah yang diberikan.

"Saya terima dengan amanah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada pak Halim dan seluruh jajaran PKB yang telah memberikan kepercayaan. Mudah-mudahan amanah ini nanti bisa saya terjemahkan dalam bentuk konkrit untuk kesejahteraan rakyat," kata Gus Ipul.

PKB Kota Pasuruan yang memiliki 8 kursi di DPRD bisa mengusung pasangan calon sendiri. Namun santer dikabarkan Golkar akan bergabung. Hal itu diperkuat dengan penunjukan Adi Wibowo, yang merupakan kader Golkar, sebagai calon wakil wali kota.

(fat/fat)