Round-up

Cerita Wanita di Blitar Terlanjur Dibuatkan Liang Lahad Padahal Masih Hidup

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 09:11 WIB
Harnanik dikabarkan meninggal oleh rumah sakit tempatnya dirawat. Keluarganya langsung menyiapkan penjemputan jenazah dan liang lahat, namun ternyata Harnanik masih hidup.
Liang lahad untuk Harnanik yang ternyata masih hidup/Foto: Istimewa
Surabaya -

Harnanik (68) dikabarkan meninggal oleh rumah sakit. Keluarganya langsung menyiapkan penjemputan jenazah dan liang lahad, namun ternyata Harnanik masih hidup.

Menurut anak Harnanik, Nanung Hermawan (44), peristiwa itu terjadi di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar pada Senin (24/8) sekitar pukul 07.00 WIB. Harnanik (53) merupakan warga Desa Bendowulung RT 07 RW 02, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Wanita ini dibawa keluarganya ke RSU pada 10 hari lalu.

Kondisinya menurun akibat penyakit darah tinggi yang mengarah ke stroke ringan. Karena mengalami sesak napas, pihak rumah sakit memasukkan Harnani ke ruang isolasi untuk penanganan pasien dengan gejala klinis mengarah ke COVID-19.

"Karena masuk ruang isolasi Mawar, rumkit melarang ada keluarga yang menunggui. Jadi kami hanya mengantarkan barang keperluan ibu dan menyerahkan sepenuhnya penanganan ibu ke tim medis," kata Nanung mengawali cerita kepada detikcom, Selasa (25/8/2020).

Tiba-tiba sekitar pukul 07.00 WIB, pihak rumah sakit menelpon ayah Nanung, Putut Karyani, memberitahukan jika Harnanik meninggal dunia. Nanung meminta ayahnya berangkat dulu ke rumah sakit.

"Sampai di sana, bapak dihadapkan di depan jenazah yang kondisinya tertutup. Bapak lalu menyalatkan jenazah ibu dan mendoakannya," tutur pria berusia 44 tahun ini.

Ketika bapaknya ke rumah sakit, Nanung menyiapkan semua keperluan di rumah duka. Para tetangga yang mendengar kabar duka mulai berdatangan melayat. Bahkan, beberapa tetangga langsung menuju ke area pemakaman untuk menyiapkan liang lahatnya.

"Ketika galian kubur sedalam dengkul, tiba-tiba bapak telepon. Katanya bukan ibu yang meninggal. Jadi usai mendoakan, bapak disuruh membuka kain penutup jenazah untuk memastikan bahwa itu jasad ibu. Begitu dibuka kain penutupnya, bapak kaget karena jasad itu bukan wajah ibu. Kain dibuka lebih lebar lagi, dan bapak memastikan itu bukan jasad istrinya," ungkap Nanung.

Lihat juga video 'Satgas: Kasus Sembuh Covid-19 Meningkat 3 Kali Lipat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3