Ajudan, Protokol hingga Juru Masak Kontak Erat Plt Bupati Sidoarjo Jalani Swab

Suparno - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 16:43 WIB
swab staf sopir ajudan asn yang kontak erat dengan wabup sidoarjo
Puluhan orang kontak erat Plt Bupati Sidoarjo swab (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Sejak Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dinyatakan meninggal COVID-19, dinas kesehatan melakukan swab kontak erat. Swab dilakukan terhadap 30 orang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (24/8).

Terdiri dari 22 orang yang menghuni rumah dinas termasuk keluarga dan 8 orang yang mengikuti perjalanan almarhum Wabup Bupati Sidoarjo ke Jakarta. Di antaranya ajudan, protokol, sopir, keamanan anak-anaknya hingga juru masak di rumah.

Kadinkes Sidoarjo dr Syaf Satriwarman mengatakan, untuk orang-orang yang pernah kontak langsung dilakukan swab.

"Swab ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada yang tertular COVID-19 Sehingga apabila diketahui ada yang tertular akan segera dilakukan penanganan agar tidak menyebar ke orang lain," kata Syaf kepada wartawan di Pendopo, Senin (24/8/2020).

Sementara, jelas dia, almarhum juga sempat melakukan perjalanan dinas ke Jakarta pada Rabu lalu (19/8) bersama sejumlah orang. Orang-orang yang mendampingi ke Jakarta tersebut juga harus menjalani swab.

"Yang ikut rombongan ke Jakarta ada 8 orang, mereka hari ini juga melakukan swab," tambah Syaf.

Sebelumnya Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meninggal COVID-19. Sabtu (22/8/2020) pukul 15.10 WIB. Almarhum dinyatakan positif COVID-19. Begitu juga istrinya, Hj Turidatus Salimah.

Tonton video 'Indonesia Siapkan 4 Kandidat Vaksin Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)