Unair Siapkan Sejumlah Antisipasi Gangguan Jelang Ujian Online Jalur Mandiri

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 15:08 WIB
Seleksi Jalur Mandiri Unair 2020 Dibuka
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Airlangga (Unair) Surabaya gelombang dua dilakukan online. Unair pun menyiapkan beragam hal agar jaringan internet tak terganggu.

"Pasti diantisipasi, kalau soal koneksi internet ada di pihak peserta, kalau misalkan seperti kemarin sistem kita yang down karena kendala kita pasi akan ada ujian ulang, ada solusi. Tapi kalau jaringannya pada peserta kami tidak bisa memfasilitasi," kata Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Achmad Solihin saat dihubungi detikcom, Sabtu (22/8/2020).

Ujian seleksi mandiri gelombang dua akan dilakukan pada 25-26 Agustus 2020. Unair berharap nantinya tiadak ada jaringan eror, meski berbagai antisipasi sudah disiapkan.

"Kami pasti ada jalan keluarnya. Kita lihat nanti (Apakah dijadwalkan ulang), nanti ada jalan keluar seperti kemarin (Gelombang satu). Mudah-mudahan tidak terjadi, mitigasinya sudah kami persiapkan," ujarnya.

Sementara koneksi internet merupakan salah satu hasil evaluasi pelaksanaan seleksi ujian jalur mandiri Unair. Pada gelombang satu, Solihin mengatakan, memang terlalu banyak yang masuk untuk mengakses.

Sehingga, lanjut dia, terdapat gangguan server. Sebab, peserta yang seharusnya belum waktunya masuk untuk ujian, namun sudah masuk dan membuat server terganggu.

"Kalau hasil evaluasi koneksi dari internet. Kemarin memang terlalu banyak yang masuk mengakses, yang belum waktunya masuk sudah masuk sehingga ke servernya. Kesalahan dari panitia difasilitasi, kalau persoalan ada di peserta kami tidak bisa memfasilitasi," pungkasnya.

(fat/fat)