Personel Gabungan Siap Amankan Pengesahan Anggota Baru PSHT Madiun

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 19:32 WIB
Tiga ribu lebih pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kabupaten Madiun menggelar ritual malam ini. Polri dan TNI disiagakan untuk menjaga keamanan ritual pengesahan anggota baru tersebut.
Apel gelar pasukan pengamanan di Mapolres Madiun/Foto: Sugeng Harianto
Madiun -

Tiga ribu lebih pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kabupaten Madiun menggelar ritual malam ini. Polri dan TNI disiagakan untuk menjaga keamanan ritual pengesahan anggota baru tersebut.

"Kita sudah apel gelar pasukan pengamanan yang dipimpin oleh Bupati Madiun tadi, dan untuk pengamanan Polri dan TNI serta instansi terkait Pemkab Madiun," ujar Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (22/8/2020).

Jumlah personel yang dikerahkan, baik Polri, TNI dan instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun, imbuh Eddwi, mencapai 1337. "Kita siagakan 1.337 personel untuk amankan acara pengesahan anggota pesilat baru PSHT," imbuhnya.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami dalam sambutan apel gelar pasukan mengatakan, pengesahan anggota baru PSHT menang tradisi rutin setiap tahun. Diharapkan para pesilat bisa mentaati peraturan pemerintah dengan protokol kesehatan seiring masih pandemi COVID-19.

"Pada Bulan Suro di wilayah Kabupaten Madiun memiliki tradisi rutin pengesahan warga baru PSHT, yang hari ini akan dilaksanakan secara kebersamaan, sehingga bisa aman kondusif. Di masa pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan diharap sesuai protokol kesehatan, sehingga peserta pengesahan dan personel pengaman dapat sehat," papar bupati yang akrab disapa Kaji Mbing.

Ketua PSHT Pusat Madiun Moerjoko mengatakan, pengesahan anggota baru di Kabupaten Madiun lebih dari tiga ribu. Jumlah tersebut tersebar di 15 ranting kecamatan di Kabupaten Madiun.

"Tradisi pengesahan yang biasanya di pusat padepokan PSHT Madiun, namun tahun ini dilakukan di setiap ranting Kecamatan yang ada di Indonesia," jelas Moerjoko.

Moedjoko menambahkan, saat ini jumlah anggota baru PSHT di seluruh Indonesia dan Asia mencapai 80 ribu. "Seluruh anggota baru ada 80 ribuan Indonesia dan Asia dari laporan yang masuk," pungkas Moerjoko.

(sun/bdh)