Makam Dewi Sekardadu, Wisata Religi di Sidoarjo yang Sepi Saat Long Weekend

Suparno - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 07:53 WIB
Makam Dewi Sekardadu
Makam Dewi Sekardadu (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Makam Dewi Sekardadu di Dusun Kepetingan Desa Sawohan Kecamatan Buduran, merupakan salah satu tempat wisata religi di Sidoarjo. Namun sayang tempat tersebut selalu sepi, hanya waktu-waktu tertentu saja ramai pengunjung.

Sebenarnya, makam Dewi Sekardadu itu sangat cocok untuk liburan bernuansa religi. Makam ini sebenarnya sudah terkenal karena Dewi Sekardadu memiliki sejarah dan cerita tersendiri. Bahkan dia merupakan anak dari Raja Blambangan pada abad ke 14. Namun sayang karena akses ke makam tersebut tidak memadai sehingga pengunjung terkadang berpikir untuk ke sana.

Bagi peziarah yang akan ke makam Dewi Sekardadu bisa memilih mengunakan jalur darat atau menggunakan jalur sungai. Bagi yang memilih menggunakan jalur darat bisa memulai dari Desa Sawohan selanjutnya melintasi jalan tambak sejauh 10 km dengan sepeda motor.

Dengan lebar jalan hanya 1 meter, jalan berpaving yang kondisinya kurang bagus itu sampai ke makam membutuhkan waktu 1 jam. Membuat para wisata religi merasa enggan ke makam tersebut.

Sementara itu jika menggunakan jalur sungai naik perahu membutuhkan waktu 1,5 jam. Diawali dari Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi atau Desa Bluru Kidul Kecamatan Kota Sidoarjo hingga menuju makam.

Perjalanan dengan perahu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan mengeluarkan biaya Rp 50 ribu per orang. Apabila menyewa perahu sendiri mengeluarkan biaya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu.

"Wisata religi di lokasi ini sebenarnya sangat perlu bagi para siswa untuk belajar sejarah. Karena Dewi Sekardadu ini merupakan putri dari Prabu Menak Sembuyu Raja Kerajaan Blambangan di Banyuwangi pada abad ke 14. Namun sayang jalan menuju makam tidak ditunjang dengan infrastrukturnya," kata Kalipin (63), tokoh masyarakat setempat kepada detikcom, Sabtu (22/8/2020).

Tonton juga 'Wisata Religi: Pemandangan Kota Semarang dari Menara Al-Husna':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2