Sebelum Bunuh Kobra Makan Ayam, Warga Lamongan Matikan 7 Ekor Ular Lain

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 20:46 WIB
ular kobra
Ular kobra yang memakan habis ayam milik warga Lamongan (Foto: Istimewa)
Lamongan -

Warga salah satu desa di Lamongan dikagetkan temuan ular kobra berukuran besar di kandang ayam. Tak hanya itu, ular berbisa tersebut juga 'menghabisi' ayam yang ada di kandang tersebut.

Sebelum ditemukan ular kobra berukuran besar di kandang ayam milik Sikin warga Desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Lamongan, tetangganya mengakui di sekitar lokasi pernah menemukan ular berbisa tersebut. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya 7 ekor.

Tetangga sawah Sikin, Khoirul Anwar membenarkan penemuan ular kobra lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Ular kobra yang ditemukan Khoirul tersebut hanya seukuran ibu jari.

"Beberapa hari yang lalu saya juga pernah menemukan 7 ekor ular kobra, tetapi masih kecil, seukuran ibu jari," kata Khoirul Anwar saat berbincang dengan detikcom, Jumat (21/8/2020).

Saat itu, tutur Khoirul, dia sedang mengambil waring (Jaring penangkap ikan) yang diletakkan di gubuk tak jauh dari kandang ayam. Saat akan mengambil itulah, dia mendapati 7 ekor ular kobra yang langsung berdiri saat dia tengah mengangkat waring.

"Ketika itu saya mau ambil waring yang saya taruh di bawah peralatan waring-waring. Dan saya dapati 7 ekor ular kobra yang langsung mengangkat kepala ketika tak sentuh pakai kayu," ujar Khoirul.

Khoirul pun langsung menyingkirkan ular-ular tersebut. Sebab, dirinya khawatir akan menyerang dirinya dan tetangga sawah lainnya. "Selain kobra, area sekitar sini juga banyak ular jenis welang dan weling," jelasnya.

Sebelumnya, seekor ular kobra makan ayam ditemukan Sikin, warga Desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah di kandang ayam yang berada di areal sawah. Ular berbisa tersebut juga 'menghabisi' ayam yang ada di kandang tersebut. Ular kobra itu terpaksa dibunuh karena takut akan mencelakakan dirinya dan orang lain yang kebetulan melintas di pematang sawahnya.

(fat/fat)