Mengintip Peta Politik Kabupaten Blitar Jelang Pilkada 2020

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 16:05 WIB
Menjelang Pilbup 2020, Kabupaten Blitar tampak adem ayem dengan bapaslon petahana. Terlebih, pasangan tersebut sudah mengantongi rekomendasi dari PDIP.
Pilbup Blitar 2020/Foto: Istimewa
Blitar -

Menjelang Pilkada 2020, Kabupaten Blitar tampak adem ayem dengan bapaslon petahana. Terlebih, pasangan tersebut sudah mengantongi rekomendasi dari PDIP.

Selain nama bapaslon Bupati Blitar Rijanto dan Wabup Marhaenis Urip Widodo, belum tampak nama-nama lain yang diusung parpol. Meski begitu, gambar wajah beberapa nama lain memang banyak terpasang di pinggir jalan raya.

Seperti gambar Nico Bagus, seorang pengusaha muda dan Mak Rini selaku pemilik satu-satunya toko buku di Blitar. Dia merupakan putri seorang tokoh NU dan deklarator PKB Kota Blitar, yakni Abah Musa Ismail.

Lalu ada Sugik selaku kader Gerindra yang saat ini menjadi anggota DPRD Kabupaten Blitar. Dan pasangan Kang Aziz- Risyad, tokoh penggiat UMKM yang menggandeng profesional muda. Pasangan ini bahkan sudah mempunyai tagline Program Blitar Unggul.

Nama-nama itu benar-benar pemain baru bagi masyarakat awam dan butuh panggung untuk memperkenalkan profilnya kepada masyarakat. Namun tak satupun dari mereka yang mendaftarkan diri lewat jalur independen.

Bagi calon independen dalam Pilbup Blitar 2020, harus menyerahkan syarat dukungan sebanyak 70.788 suara. Karena dengan DPT Pemilu sebanyak 943.840, maka syarat administrasi dukungan calon perseorangan sebanyak 7,5 persen DPT.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Doktor Sholih Mu'adi berpendapat, dibutuhkan biaya besar untuk maju lewat jalur perorangan. Sementara, elektabilitas dan akseptabilitas petahana masih sangat tinggi.

"Kalau calon independen di Kabupaten Blitar itu berat sekali. Butuh dana besar untuk mengumpulkan KTP dukungan sebanyak itu. Dari pada untuk begitu, memang lebih baik jika mereka fokus mencari dukungan dari beberapa partai politik yang ada," kata Sholih kepada detikcom, Selasa (18/8/2020).