50 Anak di Lapas Blitar Dapat Remisi, Negara Hemat Uang hingga Rp 54 Juta

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 09:49 WIB
LPKA Lembaga Pembinaan Khusus Anak Blitar
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Sebanyak 50 anak warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Blitar mendapat remisi HUT RI ke-755. Pemberian remisi ini bisa menghemat uang negara sebanyak Rp 54 juta.

Kepala LPKA Blitar Tatang Suherman mengatakan, uang negara yang dihemat sebanyak 54 juta itu dihitung dari jumlah anak yang mendapatkan remisi kali jatah makan per hari sebanyak Rp 20.000.

"Kita kalikan aja, jumlah anak yang dapat remisi kali jumlah hari dia dapat remisi kali jatah makan sehari Rp 20.000. Jadi total ada Rp 54 juta kita bisa hemat uang negara," kata Tatang saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (18/8/2020).

Dalam remisi anak hari kemerdekaan Indonesia ini, 50 anak yang mendapat remisi dengan rincian ada 30 anak mendapat remisi 1 bulan. Sebanyak 10 anak mendapat remisi 2 bulan, lalu 8 anak mendapat remisi 3 bulan. Dan ada 4 anak mendapat remisi 4 bulan.

"Kalau napi di LPKA, itu dapat remisi dalam setahun tiga kali. Pertama remisi kemerdekaan RI, kedua remisi hari raya agama. Dan ketiga remisi saat hari anak nasional tiap tanggal 23 Juli. Tapi itu bagi warga binaan LPKA di bawah usia 18 tahun," imbuhnya.

Sementara bagi warga binaan yang usianya sudah memasuki 19 tahun, hanya akan mendapat remisi umum. Seperti juga yang diberikan kepada 198 napi di Lapas Klas 2B Blitar kemarin.

"Anak yang menjadi warga binaan di sini kebanyakan tersandung kasus pelecehan seksual. Antara dia dan pacarnya, lalu pihak keluarga tidak bisa menerima dan membawa ke ranah hukum. Alhamdulillah kalau kasus pemakaian dan pengedar narkoba, sudah minim sekarang," ujar Tatang.

Meski secara fisik anak-anak di LPKA terbatas ruang geraknya, namun mereka masih merdeka berekspresi. LPKA kelas 1 Blitar memberikan sarana dan prasarana penunjang berbagai kegiatan mereka. Seperti proses belajar, olah raga, berkesenian bahkan memberi ruang sangat luas anak membuat karya.

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia.

(fat/fat)