Sendang Seruni Banyuwangi Gelar Upacara di Tengah Telaga Nan Asri

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 16:32 WIB
sendang seruni
Upacara HUT RI di Sendang Seruni (Foto: Ardian Fanani)

"Kita berharap di era New Normal ini, perekonomian bisa pulih kembali sedia kala. Khususnya di sektor pariwisata," harapnya.

Kepala Desa Tamansari, Rizal Saputra mengapresiasi semangat kalangan milenial tersebut. Momen hari kemerdekaan RI ini memang seyogyanya menjadi penyulut semangat untuk bangkit saat pandemi COVID-19.

"Musuh kita sekarang bukan lagi penjajah. Akan tetapi ketimpangan sosial, kemiskinan dan pengangguran yang menjadi musuh nyata pada hari ini," ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah pusat hingga pemerintahan desa sudah harus memikirkan bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan khususnya bagi kau la muda penerus bangsa.

"Salah satunya ialah melalui sektor pariwisata yang berbasis masyarakat seperti destinasi Sendang Seruni ini. Juga menciptakan UMKM sebagai penunjang sektor pariwisata dan lain sebagainya," imbuhnya.

Hal tersebut bisa terwujud melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya terkait adaptasi kebiasaan baru di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Protokol Kesehatan harus diutamakan untuk memberi kepercayaan kepada wisatawan. Kita berharap pandemi COVID-19 bisa segera berakhir sehingga perekonomian normal kembali," tutupnya.

Kegiatan upacara bendera di telaga Sendang Seruni disambut antusias oleh pengunjung sekitar. Fahrudin asal Genteng, Banyuwangi mengaku turut serta dalam kegiatan peringatan HUT ke-75 RI.

"Meski dalam kegiatan wisata, kami juga ikut serta dalam upacara. Kami harap kegiatan ini terus berlanjut. Unik dan saya merasakan khidmat apalagi di tengah tempat yang asri ini," pungkasnya.


(iwd/iwd)