Pasien COVID-19 di RS Darurat Surabaya Ikuti Upacara HUT RI Secara Virtual

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 13:29 WIB
rs darurat covid-19
Pasien COVID-19 mengikuti upacara HUT RI (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Pasien positif COVID-19 yang menjalani karantina mengikuti upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Upacara dilaksanakan halaman di RS Lapangan (darurat) Kobagwilhan II di Jalan Indrapura secara virtual.

Penanggungjawab RS Lapangan Kobagwilhan II Laksamana TNI Dr dr Nalendra DI SpB SpBTKV mengatakan upacara virtual itu mengikitu semua yang ada di Jakarta.

"Kami hanya mengikuti semuanya yang ada di Jakarta secara virtual," ujar Nalendra kepada wartawan usai upacara, Senin (17/8/2020).

Kegiatan itu sendiri merupakan instruksi dari Gubernur Jatim bagi pasien yang kondisinya sehat saja. Tampak sejumlah pasien tersebut mengikuti upacara dengan penuh semangat dan hikmat saat pengibaran bendera dan mengheningkan cipta.

"Itu perintah dari gubernur sehingga kami melakukan kegiatan pada saat pengibaran bendera dan mengheningkan cipta saja," tutur Nalendra

Menurut Nalendra, saat ini di RS Lapangan Kobagwilhan II telah merawat sekitar 1.355 pasien COVID-19 dengan angka kesembuhan 1.027 pasien. Rumah sakit yang dibuka sejak akhir Mei itu juga mencatatkan nol kematian.

"Kami telah merawat 1.355 pasien. Angka kematiannya nol. Artinya RS ini telah menyumbang 8 sampai 10 persen angka kesembuhan di Jatim," terang Nalendra.

"Rumah sakit ini juga yang terbesar kedua di Indonesia setelah wisma atlet," kata Nalendra.

Pantauan di lokasi, tak hanya para pasien positif COVID-19, para pengurus RS, dokter dan petugas medis yang merawat pasien juga mengikuti upacara. Namun bagi para petugas medis dilaksanakan secara terpisah di dalam tenda, sedangkan pasien berada di halaman rumah sakit.

Sebelum dilaksanakan upacara, para pasien diberikan ikat kepala merah putih tampak menjalani senam pagi yang dipandu petugas ber-APD di halaman dahulu. Dalam kegiatan itu mereka terlihat antusias menyambut upacara bendera itu meski masih dalam status perawatan COVID-19.

Tonton juga 'Masyarakat Bali Gelar Upacara di Tengah Jalan Raya':

[Gambas:Video 20detik]



Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia

(iwd/iwd)