RS Darurat COVID-19 Surabaya Gelar Salat Id, Imam dan Makmumnya Pasien

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 07:31 WIB
salat id rs darurat
Foto: Istimewa
Surabaya -

Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II atau dikenal dengan RS Darurat COVID-19 Jatim menggelar Salat Idul Adha 1441 H. Dalam salat kali ini, tempat salat pasien positif COVID-19 dibedakan dengan para pegawai (tenaga kesehatan, administrasi, dan petugas keamanan).

Salat ID di RS Darurat COVID-19 ini dipisah dalam 2 tempat. Halaman RS Darurat merupakan tempat untuk para pasien positif COVID-19 menunaikan ibadah salat. Sementara untuk pegawai salat di dalam tenda.

Jumlah pasien positif COVID-19 yang mengikuti salat mencapai 85 orang. Sebagaimana diketahui, RS Darurat COVID-19 saat ini masih merawat 101 pasien positif dengan rincian 72 laki-laki dan 29 perempuan.

salat id rs daruratFoto: Istimewa

Para pasien ini mengikuti salat dengan beralaskan terpal berwarna oranye. Untuk imam salat dan khatib sendiri ialah Ustad Sunarto W.R dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Sementara di tenda di RS Darurat tampak para tenaga kesehatan dan administrasi yang mengikuti salat dari dalam tenda. Di tenda tersebut merupakan zona hijau, berisi para pekerja yang tidak terpapar COVID-19. Salat ini total diikuti sekitar 100 jemaah.

Anggota Gugus Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan, untuk imam di dalam RS Darurat diketahui merupakan pasien positif yang dirawat di sana.

"Iya imamnya memang pasien di sana. Tapi di RS Darurat, pasiennya memang tanpa gejala semua. Paling ada gejala ringan, jadi mayoritas yang muslim mereka mengikuti salat Id semua," jelasnya.

Salat Id di RS Darurat COVID-19 Jatim dimulai pada pukul 06.00 WIB. Dalam salat ini, khatib membacakan khutbah dengan tema 'Ujian Memperkokoh Kualitas dan Identitas Muslim dan Mukmin'.

Tonton video 'Persoalan Hidup dan Mati, Idul Adha Tahun Ini Hindari Kontak Fisik':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)